Inilah 5 Cara Memiliki Istana di Surga

Picture source: suaramasjid.com

Hai, Miks!

Sebagai seorang muslim yang meyakini adanya alam akhirat, pasti berdoa penuh harap supaya ia dapat dikarunia Surga. Sebuah nikmat dan karunia tak terhingga yang sampai saat ini kita hanya tahu sifat-sifatnya berdasarkan teks-teks keagamaan saja.

Namun, sejatinya bentuk dan rupa secara hakikatnya semua masih samar. Hanya berbekal doa, niat, baik sangka pada-Nya, dan tentu dibarengi dengan amalan saleh baik kepada sesama atau kepada-Nya Yang Mahaesa, semoga dapat menghantarkan kita kepada Surga-Nya.

Nah, ternyata terdapat beberapa amalan yang dirasa ringan, bahkan sebagian tanpa modal finansial yang dapat menghasilkan istana di Surga. Semua pasti merindukan istana, apalagi itu di Surga. Tahukah Anda, apa amalan yang dapat membawa ke sana? Berikut 5 amalan yang bisa Anda lakukan supaya Anda mendapatkan kemuliaan istana di Surga.

1. Membangun Masjid

Ya, begitulah Tuhan membalas kebaikan, lebih baik dari apa yang kita lakukan. Ketika kita membangun masjid, balasan istana di Surga menanti.

Hal ini sesuai yang disabdakan oleh Nabi Muhammad, “Barang siapa yang membangun Masjid, Allah akan bangunkan baginya istana di Surga.” (Muttafaq alaih)

2. Membaca Surat Al-Ikhlas Sepuluh Kali

Perhatikan Miks, amalan kedua ini nyaris tanpa modal finansial, ya. Ia hanya membutuhkan komitmen dan supaya ingat untuk melakukan. Meskipun terlihat sepele, tetapi banyak manusia tidak menyadari untuk beristikamah membaca Surat Al-Ikhlas sebanyak 10 kali. Anda dapat melakukan ini bersama balita Anda sebelum tidur, membaca bersama-sama. Seru, bukan?

Nabi bersabda: “Barang siapa yang membaca (قل هو الله أحد) hingga selesai 10 kali, Allah akan bangunkan baginya istana di Surga.” (HR. Ahmad)

3. Mengucapkan Hamdalah dan Istirja’ ketika Mengalami Sebuah Musibah

Dalam kehidupan kita, adakalanya musibah datang menyapa sebagai bukti kesabaran, terkadang pula ia datang sebagai pengingat kealpaan diri. Ajal, siapa tahu rahasianya? Kapan ia akan menjemput? Bisa jadi anak kita semata wayang mendahului kita. Lalu, siapkah kita? Tidak ringan memang bila membayangkan ini terjadi kepada kita. Latihan sabar memang adalah sepanjang usia. Mengucapkan puji syukur pada tiap kondisi, termasuk kondisi musibah sekalipun dan mengembalikan semua kepada-Nya dapat menghasilkan sebuah istana di Surga.

“Jika anak seorang hamba meninggal, Allah berkata kepada para Malaikat, ‘Kalian telah mencabut nyawa anak hamba-Ku?’  Mereka menjawab, ‘iya.’ Allah berkata, ‘Kalian ambil buah hatinya?’ Mereka menjawab,’Iya.’ Allah berkata, ‘Apakah yg diucap hamba-Ku? Mereka menjawab, ‘Bertahmid dan beristirja’ mengucapkan Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun.’ Allah berkata, ‘Bangunkan baginya istana di Surga, beri nama dengan ‘Baitul Hamdi/istana pujian.”’ (HR. Tirmidzi)

4. Menjaga Sunah Rawatib

Satu amalan ini, meskipun tidak membutuhkan modal finansial, tetapi membutuhkan niat sekokoh baja, ya, Miks. Ternyata bila kita praktikkan salat sunah yang mengiringi salat fardu akan dibangunkan bagi kita sebuah istana di Surga.

Dari Aisyah, Rasulullah bersabda, “Barang siapa yg menjaga 12 rakaat sunah rawatib, Allah akan bangun baginya istana di Surga: 4 Rakaat sebelum Duhur, 2 rakaat setelahnya, 2 rakaat setelah Magrib, 2 rakaat setelah Isya, 2 rakaat sebelum Subuh”. (HR. Ibnu Majah)

5. Membaca Doa Masuk Pasar, Mal, dan Sejenisnya

Siapa, sih, yang tidak pernah pergi ke pusat perbelanjaan? Entah itu karena kebutuhan atau memang karena ingin sekadar jalan-jalan melepas penat. Jangan lewatkan doa ini ketika Anda masuk ke sebuah pusat belanja:

لا إله إلا الله وحده لا شريك له، له الملك وله الحمد يحيي ويميت وهو حي لا يموت بيده الخير وهو على كل شيء قدير

Laa ilaaha illallaahu wahdahu laa syariikalahu, lahul mulku walahul hamdu, yuhyii, wayumiitu, wahuwa Hayyun laa yamuutu, biyadihil khairu, wahuwa ‘alaa kulli syai-in qodiir.

Artinya: “Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan, bagi-Nya segala pujian. Dialah Yang Menghidupkan dan Yang Mematikan. Dialah Yang Hidup, tidak akan mati. Di tangan-Nya kebaikan. Dialah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Perhatikan hadis Nabi berikut, “Barang siapa membaca doa (sesuai redaksi di atas) ketika masuk pasar , maka akan dicatat baginya satu juta kebaikan, dihapus satu juta kejelekan, ditinggikan satu juta derajat, dibangun baginya istana di Surga.” (HR. Ahmad, Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Nah, itulah 5 cara yang dapat kita praktikkan sebagai salah satu usaha untuk menggapai istana di surga. Istana yang semua muslim bercita-cita untuk mendapatkannya. Selamat praktik, ya, Mik!

7 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like