Sering Zonk Saat Membeli Durian? Ini Tips Memilih Durian Manis, Matang, dan Berdaging

Picture source: pexels.com

Hai, Miks!

Memilih buah durian yang banyak dagingnya dan rasanya manis merupakan suatu hal yang tidak mudah. Buah yang diklaim sebagai buah kelas pertama di Indonesia ini sangat dIminati oleh berbagai kalangan maka tak heran jika harga di pasaran juga relatif tinggi. Meski begitu, tidak henti-hentinya publik menyerbu pasar buah durian.

Sebagian orang juga lebih memilih memakan durian di pasar daripada di rumah. Sebab, penjual durian memberikan garansi kualitas kepada pembeli. Jika buah durian tidak matang, busuk, atau lainnya, penjual akan menukarkan dengan yang lebih bagus.

Masalah yang timbul adalah jika buah durian dibeli untuk dibawa pulang. Tidak ada garansi dari pembeli mengenai kualitas buah durian tersebut.

Nah, agar Anda dapat membawa pulang buah durian yang manis, matang, dan berdaging, ada beberapa tips memilih durian yang perlu Anda lakukan seperti di bawah ini.

Pilih yang Bentuknya Bulat

Durian yang bentuknya bulat sempurna biasanya memiliki daging yang tebal dibandingkan durian yang berbentuk lonjong. Terdapat lima ruang pada buah durian dan durian yang berbentuk bulat menandakan ruang terisi daging dengan sempurna.

Cek Bagian Ujung Bawah Durian

Setelah mencari durian yang berbentuk bulat, cara selanjutnya yaitu dengan melihat sisi bawah durian. Perhatikan sisi bawah durian, apakah masih tertutup atau sudah merekah. Jika sudah merekah maka jangan dibeli. Sebab, jika sudah merekah berarti sudah ada udara yang masuk ke daging durian atau biasa kita sebut masuk angin.

Udara yang masuk ke daging durian sangat mempengaruhi rasa durian. Daging terasa kurang manis, bahkan masam.

Lihat Tangkainya

Setiap buah akan terasa lebih manis jika matang dan jatuh langsung dari pohon daripada yang dipetik, termasuk durian. Jika Anda ingin buah durian yang manis sempurna,  jangan pilih durian yang tangkainya terlihat rata. Sebab, hal itu menandakan durian dipotong atau dipetik sebelum waktunya.

Mengeluarkan Bunyi Gema ke Dalam

Tips memilih durian yang berikutnya adalah dengan mendengarkan suara gema. Cara yang satu ini bisa Anda lakukan dengan memukul kulit durian menggunakan bagian datar pada pisau. Apabila ketika diketuk durian mengeluarkan suara gema ke dalam, kemungkinan besar daging durian sudah matang. Namun, jika bunyinya memantul keluar, memungkinkan daging durian masih mentah.

Cium Baunya

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencium aroma durian. Jika aroma yang dikeluarkan menyengat, bisa dipastikan kalau buah durian sudah matang. Namun, jika aroma durian masih belum menyengat, kemungkinan besar buah durian masih mentah.

Lihat Bentuk Duri

Anda juga bisa memilih durian yang bagus dengan melihat bentuk durinya. Buah durian yang berduri lebar dan posisinya jarang-jarang, biasanya memiliki daging yang lebih kering, sedangkan durian yang berduri rapat biasanya memiliki daging yang lebih segar.

Ukuran Buah

Tips memilih durian yang berikutnya adalah dengan melihat ukuran buah. Biasanya, durian yang beratnya hanya 1—2 kg memiliki daging yang matang merata dibandingkan dengan durian yang berbobot lebih besar.

Anda juga bisa memilih durian yang besar, tetapi berbobot ringan. Umumnya, durian seperti ini memiliki daging yang tebal dan buah yang kecil dan tipis.

Nah, Miks, itulah beberapa tips memilih durian yang berkualitas dengan daging yang manis dan tebal. Selamat mencoba!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like