Inilah Aneka Olahan Ikan Lele yang Dapat Menghasilkan Omzet Jutaan Rupiah

Picture source: herstory.co.id

Halo, Miks!

Ikan lele merupakan jenis ikan air tawar dan banyak digemari masyarakat karena selain bergizi tinggi harganya pun sangat ekonomis. Ikan lele banyak memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh. Di dalam 100 gram ikan lele terdapat 145 kalori, 14,45 gram protein, 9,09 gram lemak, 65 miligram natrium, 82 miligram kolesterol, dan 2730 asam lemak jenuh. Dari kandungan ikan lele tersebut manfaat bagi tubuh yaitu untuk mempercepat pembentukan tulang dan gigi, mencegah penyakit jantung, dan menurunkan tekanan darah.

Namun, tahukah Anda, jika ikan lele tak hanya dimanfaatkan dagingnya, tetapi belakangan ini duri ikan lele dapat diolah menjadi makanan yang enak, bernilai jual, dan dapat menghasilakan omset jutaan rupiah. Apa saja olahan duri ikan lele yang dapat menghasilkan omset? Yuk, simak ulasan berikut ini.

1. Abon Lele

Abon lele diolah degan cara memanfaatkan daging dari ikan lele. Abon lele dibuat dengat dilengkapi bumbu seperti bawang merah, bawang putih, bawang bombai, cabai merah, ketumbar,lengkuas, kunyit, daun salam, santan, gula dan garam. Saat ini abon ikan lele sudah bnyak dipasarkan, tidak hanya abon sapi dan ayam saja yang bernilai jual, abon ikan lele pun sekarang sudah mampu menembus pasar dan menghasilkan omzet jutaan rupiah.

2. Stick Duri Lele

Nilai guna dan jual berikutnya yaitu duri ikan lele. Duri ikan lele dapat diolah menjadi camilan yang enak, salah satunya dengan dibuat camilan stick. Duri diblender sampai halus kemudian dicampurkan ke dalam bahan stick seperti tepung, bawang putih, daun seledri, garam, penyedap. selanjutnya adonan dicampur sampai kalis dan di potong menjadi bentuk stick.

3. Kerupuk Duri Lele

Kerupuk duri lele dibuat dengan cara mengukus duri dan kepala hingga lunak, kemudian diblender dengan menambahkan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, garam, dan rempah-rempah yang sudah dihaluskan. Selanjutnya, tambahkan tepung tapioka dan air, setelah itu kukus adonan tersebut hingga matang, lalu bentuk sesuai selera , jemur. setelah tahap jemur, kerupuk duri lele siap digoreng buat disantap. Nilai jualnya juga tak kalah dengan abon dan stick duri lele.

4. Nugget Ikan Lele

Nugget lele dibuat dengan cara yang sama seperti pengolahan nugget ayam. Hanya bahan dasarnya menggunakan daging ikan lele.

5. Otak-Otak Ikan Lele

Berikutnya ikan lele dapat diolah menjadi otak-otak. Pembuatannya pun simpel hanya perlu menambahkan bawang merah, bawang putih, tepung tapioka, merica, telur, dan garam. Camilan ini pun banyak digemari masyarakat dan dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah.

6. Empek-Empek Ikan Lele

Empek-empek terbuat dari daging lele yang sudah digiling halus dengan tambahan bumbu bawang putih, tepung kanji, tepung terigu, gula garam, air, dan telur. jika Anda ingin mencoba usaha ini sangat menjanjikan. Karena selain ikan lele harganya ekonomis, tetapi mampu bersaing di pasaran dan dapat menambahkan keuntungan yang banyak.

Itulah ulasan ikan lele yang dapat menghasilkan omzet jutaan rupiah. Semoga menginspirasi.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like