5 Masakan Sunda yang Top Ini Bikin Kamu Ngiler, lo!

Picture source: travel.dream.co.id

Hai, Miks!

Negara kita kaya akan berbagai kuliner mulai dari Sabang sampai Merauke. Semua daerah tersebut memiliki ciri khas masakan masing-masing. Misalnya kuliner Sunda punya ciri khas disajikan dengan sambal dan lalap matang atau mentah. Itulah yang membedakan antara kuliner daerah Priangan dengan daerah lainnya. Berikut ini beberapa masakan sunda yang top dan wajib Anda coba.

1. Nasi Timbel

Ada banyak jenis nasi yang lezat di daerah Priangan seperti nasi tutug oncom, nasi liwet, nasi timbel, dan lain-lain. Di antara berbagai jenis nasi tersebut, nasi timbel adalah yang paling terkenal. Sebab, nasi ini sudah ada sejak zaman dahulu.

Awalnya, nasi ini sebagai bekal para petani ke sawah atau ke kebun. Seiring berjalan waktu nasi tersebut menjadi kuliner yang terkenal. Nasi ini bisa Anda jumpai di restoran, warung makan, dan penjual nasi lainnya.

Nasi timbel terdiri dari nasi pulen yang dibungkus dengan daun pisang, goreng daging ayam, goreng tempe, goremg tahu, goreng asin, sambal, dan lalap. Mmm … menu yang lezat, bukan?

2. Tutug Oncom

Masakan sunda terkenal berikutnya yaitu tutug oncom. Ciri khas dari nasi ini adalah nasi yang dicampur dengan oncom. Nasi diaduk dengan oncom yang sudah diberi bumbu tidak pedas.

Untuk rasa pedasnya, nasi tutug oncom dilengkapi dengan sambal. Nasi ini juga dimakan dengan goreng ayam, goreng asin, goreng tahu, goreng tempe, kerupuk, karedok leunca, timun, dan kemangi.

3. Karedok

Karedok mau mirip dengan salad, tetapi berbeda dari cara pembuatan dan penyajiannya. Kuliner yang terkenal di kalangan masyarakat Sunda ini terdiri dari sayuran dan saus kacang.

Sayurannya adalah terong, kacang panjang, tauge, kol, mentimun, dan kemangi. Lalu sayuran tersebut dicampur dengan saus kacang dengan resep khusus. Rasanya lezat banget!

4. Batagor

Batagor adalah kependekan dari baso tahu goreng. Menu ini memang mirip sekali dengan baso tahu atau siomay. Namun, perbedaannya, jika bakso tahu dikukus, sedangkan bakso tahu pada batagor digoreng. Mulai dari bumbu dan penyajianya juga mirip bakso tahu hanya ada perbedaan dari rasanya karena digoreng.

5. Seblak

Seblak merupakan kuliner yang baru dibanding dengan makanan yang sudah disebutkan sebelumnya. Namun, seblak juga tidak kalah ngetren dengan menu-menu pendahulunya. Oleh karena itu, muncullah seblak dalam bentuk cepat saji dengan isi yang bervariasi. Rasanya?  Top banget, deh!

Lima menu masakan sunda di atas sangat familier di kalangan masyarakat Sunda. Kamu pun bisa menemukannya dengan mudah diberbagai daerah Priangan tersebut. Selamat menikmati kelezatan kulinernya, ya Miks!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like