Inilah 7 Aneka Olahan Nasi yang Dijamin Lezat

Hai, Miks!

Nasi, Anda semua pasti tak asing dengan makanan satu ini. Nasi merupakan sumber karbohidrat terbesar bagi orang Indonesia. Selain karbohidrat, di dalam nasi juga  terkandung nurtrisi lainnya yang bermanfaat bagi tubuh antara lain vitamin B1, B2, B3, B6, protein, zat besi, fosfor, selenium, mangan, dan magnesium.

Berbicara soal nasi, tentu semua orang tak lepas dari makanan satu ini. Nasi sebagai makanan pokok dan menjadikan makanan ini wajib ada dalam setiap hidangan . Tahukah Anda, jika Nasi tak hanya dapat di nikmati dan dimasak dengan rasa original yang tawar, tetapi juga bisa diolah dengan berbagai macam rasa yang akan membuat lidah tak berhenti untuk menikmatinya. Mau tahu seperti apa? Yuk, simak aneka olahan nasi yang dijamin Maknyus.

1. Nasi Lemak

Nasi lemak merupakan hidangan khas suku melayu. Makanan ini bisa ditemukan di daerah kepulauan Riau, malaysia, brunei, singapura. Nasi lemak dimasak dengan menambahkan santan dan daun pandan sebagai aroma dan penambah cita rasa. Sajian ini juga biasa dilengkapi dengan sambal cumi, sambal teri, telur, dan irisan mentimun. Selain itu, bisa menambahkan lauk-pauk sesuai keinginan.

2. Nasi Daun Jeruk

Nasi daun jeruk merupakan nasi yang dimasak dengan memberikan tambahan bumbu daun jeruk dan bawang putih yang di cincang halus, margarin, garam, penyedap rasa. Bumbu tersebut kemudian ditumis hingga harum dan dicampurkan dengan nasi yang sudah setegah matang.

3. Nasi Kebuli

Nasi ini mempunya ciri khas aroma daging kambing karena dimasak dengan kaldu daging kambing. Tentunya juga dengan tambahan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, lada, jahe, kayu manis, cengkih, kapulaga, serai, daun salam, cabai. Nasi yang dikira berasal dari timur tengah ini ternyata asli Indonesia.

5. Nasi Kuning

Siapa yang tak kenal nasi satu ini. Nasi kuning biasa di sajikan dalam acara pernikahan, ulang tahun, peresmian yang terkadang dibuat dengan wujud nasi tumpeng. Nasi kuning dibuat dari bahan nasi, dengan bumbu-bumbu pelengkap seperti kunyit, lengkuas, santan, serai, daun salam, daun pandan, jahe, bawang merah, dan garam.

6. Nasi Kapau

Nasi kapau merupakan nasi khas asal  Kabuaten Agam, Sumatera Barat. Nasi kapau dilengkapi dengan ikan khas kapau, gulai sayur nangka, gulai urat kaki kerbau, babat. Hampir semua pelengkap nasi kapau berupa daging.

7. Nasi Biryani

Makanan ini aslinya makanan khas dari India dan Pakistan. Tetapi di Indonesia saat ini juga sudah banyak dijumpai di restoran-restoran. Nasi biryani merupakan olahan beras yang direbus di panci terpisah. Saat nasi sudah setengah matang, kemudian dicampur dengan kaldu berbumbu daging, dan dimasak hingga matang sampai kaldu menyerap ke dalam nasi.
Memasak nasi biryani memerlukan banyak bumbu di antaranya yaitu minyak samin, kacang-kacangan, jintan, cengkih, kapulaga, kayu manis, daun salam koja, ketumbar, daun mint, jahe, bawang bombay, bawang putih, dan safron.

Nasi satu ini biasanya juga dilengkapi aneka lauk seperti daging sapi, daging ayam, daging kambing, daging domba, atau udang. Selain itu, terdapat hidangan sampingan kurma, kari, sayur terung, atau telur rebus.

Itulah 7 aneka olahan nasi agar semakin lezat untuk disantap. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like