6 Tips Mendidik Anak agar Konsisten Menjalankan Aturan

Source: hometriangle.com

Hi, Miks!

Konsisten sangat diperlukan dalam mendidik balita Anda. Membiasakan buah hati Anda  agar disiplin dalam menjalankan aktivitas hariannya sangatlah penting. Membiasakan mereka melakukan aktivitas harian yang sama, membantu mereka menjadi pribadi yang berkarakter di masa yang akan datang.

Aktivitas harian yang bisa diajarkan kepada balita Anda seperti bermain, belajar hal-hal yang baru, membantu pekerjaan rumah juga harus dibiasakan sejak dini. Konsisten sangat diperlukan dalam membiasakan hal-hal yang menjadi aktivitas harian balita Anda.

Ada kalanya perasaan tidak tega muncul saat menghadapi rengekan anak yang tak mau mematuhi aturan yang telah Anda buat. Konsisten dengan aturan yang Anda buat sangatlah penting agar anak tidak menjadikan rengekan mereka sebagai senjata untuk tidak mematuhi dan menjalankan peraturan yang telah Anda buat.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan saat mendidik anak agar mereka konsisten menjalankan aturan yang telah dibuat. Berikut 6 di antaranya.

1. Melatih Balita Anda agar Belajar Disiplin

Saat Anda telah memberikan aturan yang berkaitan dengan aktivitas harian buah hati Anda, latihlah kedisiplinan mereka. Dengan melakukan rutinitas yang sama setiap hari, maka buah hati Anda akan terbiasa menjalankan peraturan yang telah Anda buat.

2. Menulis Aturan yang Telah Dibuat

Peraturan yang telah dibuat, bisa Anda tulis di selembar kertas dan ditempelkan di tempat-tempat yang biasa dilalui. Seperti di kamar buah hati Anda, dan bisa juga di pintu kamar mandi.

3. Ajak Balita Anda untuk Mengambil Keputusan

Beri kesempatan pada anak Anda untuk memilih dan melakukan sesuatu, sesuai peraturan yang telah Anda buat tanpa merasa tertekan.

4. Komunikasikan Aturan yang Telah Dibuat dengan Orang Terdekat Anda

Memberitahukan kepada orang-orang di sekeliling Anda tentang peraturan yang telah dibuat, sehingga mereka bersedia membantu  buah hati Anda agar konsisten menjalankan peraturan yang sudah dibuat.

5. Berikan Aturan yang Tegas

Berikan hukuman jika anak Anda melanggar peraturan yang telah disepakati bersama. Jangan terpancing dengan emosi anak, saat mereka tidak mau mematuhi peraturan. Tetaplah bersikap tegas agar anak Anda mengetahui pentingnya disiplin.

6. Berikan Pujian kepada Anak

Jangan sungkan untuk melontarkan pujian pada anak Anda, saat mereka mematuhi aturan dan konsisten dengan peraturan yang telah disepakati bersama.

Itulah beberapa tips agar balita Anda tetap bisa konsisten menjalankan aktivitas hariannya sesuai dengan peraturan yang telah disepakati bersama. Semoga bermanfaat.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like