Inilah 6 Tips Supaya Aman dalam Berkendara

Picture source: Pexels.com

Halo, Miks!

Beberapa hari kemarin berita tentang kecelakaan beruntun di tol Solo, Semarang, menjadi trending topik karena mengakibatkan salah satu artis eks personil trio macan Chaca Sherly meninggal. Kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan di mana pun. Berhati-hati dalam berkendara sangat menjadi hal utama supaya keselamatan Anda terjaga.

Selain itu, melakukan upaya-upaya agar aman perjalanan tidak ada salahnya seperti cek kondisi mobil dan lainnya untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan. Untuk itu, yuk, simak ulasan tips agar aman saat berkendara.

1. Cek Kondisi Kendaraan

Sebelum Anda melakukan perjalanan, terutama berkendara jarak jauh pastikan kondisi kendaraan Anda di setiap komponen seperti rem, lampu sen, dan lainnya dalam keadaan baik. Selain hal ini membuat perjalanan lancar, juga menjamin keselamatan Anda.

2. Safety

Setelah kendaraan kondisi normal, Anda pun harus safety atau pakai pengaman diri. Jika Anda berkendara menggunakan motor, pakailah helm dan jangan lupa mengunci tali helmnya. Apabila menggunakan mobil, pastikan Anda dan semua yang ikut perjalanan memakai sabuk pengaman. Selain itu, jangan bermain hape atau gadget saat berkendara supaya perjalanan Anda selamat sampai tujuan.

3. Patuhi Lalu Lintas

Banyak kecelakaan terjadi karena melanggar rambu lalu lintas disebabkan kurang sabar dan berakibat fatal untuk keselamatan diri. Pastikan Anda mematuhi rambu lalu lintas terutama di perlintasan kereta api. Hal ini sering terjadi kecelakaan akibat orang menerobos plang pembatas tanda kereta akan lewat.

Selain itu, atur kecepatan berkendara Anda sesuai plakat-plakat yang ditempel. Misal di tol KM20 60 km/jam, maka patuhilah dan jangan berkendara dengan kecepatan melebihi batas. Adanya peraturan pasti semua demi keselamatan bagi para pengendara.

4. Bawa Barang Muatan Sesuai Kapasitas Kendaraan

Ini sangat penting bagi para pengendara khususnya truk, pick-up, travel, bus yang biasanya mengangkut muatan melebihi kapasitas kendaraan. Kecelakaan dapat terjadi bisa karena sopir memaksakan menjadikan muat di dalam satu mobil saja, padahal tahu kapasitas sudah melebihi batas.

5. Istirahat di Rest Area

Tips selanjutnya yaitu beristirahat. Jika Anda berpergian jauh dan lelah juga mengantuk jangan memaksakan diri untuk melanjutkan perjalanan. Berhentilah untuk beristirahat sampai hilang capek dan kantuk. Anda bisa istirahat di tempat-tempat seperti singgah di warung makan, pom, masjid, ataupun di rest area yang tersedia di dekat perjalanan Anda.

6. Berdoa

Upaya terakhir adalah berdoa. Karena doa adalah senjata paling ampuh sebagai penolak marabahaya. Setelah segala upaya dan doa sudah dilakukan tetapi kecelakaan masih terjadi kembalikan dan pasrah bahwa itu adalah takdir pada Sang Pencipta sebagai ujian.

Itulah 5 ulasan tips aman dalam berkendara. Semoga bermanfaat.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like