3 Bulan Lagi Ramadan, Lakukan 4 Hal Ini untuk Menyambutnya

Hai, Miks!

Siapa yang tidak kenal dengan Ramadan? Ya, bulan puasa Ramadan menjadi bulan satu-satunya dalam kalender Hijriah dengan kewajiban puasa di dalamnya. Kewajiban puasa di bulan ini adalah merupakan salah satu dari lima rukun Islam yang kewajibannya bermula pada tahun kedua Hijriah, yaitu tahun kedua setelah Sang Nabi hijrah dari Makkah ke Madinah. Tiga belas tahun Sang Nabi berdakwah di Makkah, kewajiban puasa satu bulan ini belum turun perintahnya.

Tahun 2021 ini, diperkirakan Ramadhan akan tiba pada tanggal 13 April 2021. Ya, kira-kira tiga bulan lagi Ramadan akan menyapa kita. Tentu, hampir semua muslim berangan-angan untuk dapat bertemu dengannya. Namun, siapa tahu jatah usia manusia? Doa menjadi senjata ampuh satu-satunya bagi kita semua, ya, Miks.

Doa Para Sahabat Nabi Supaya Bertemu dengan Ramadan

Teriwayatkan dalam kitab Lathaiful Ma’arif bahwa dahulu generasi salaf salih, selama enam bulan sebelum datang Ramadan, mereka berdoa agar Allah mempertemukan mereka dengan bulan Ramadan. Kemudian, selama lima bulan sesudah Ramadan, mereka berdoa agar Allah menerima amal mereka selama bulan Ramadan. Sementara sekarang kita berada di bulan Januari 2021, tiga bulan sebelum Ramadan, yaitu April 2021, mari kuatkan doa sehingga Allah pertemukan kita dengan bulan mulia ini.

Selesaikan Utang Puasa Ramadan Tahun Lalu

Bila Anda adalah seorang muslimah yang Ramadan tahun lalu karena menstruasi tidak berpuasa selama beberapa hari lamanya maka kini saatnya membayar utang puasa sebelum Ramadan tahun ini datang. Mumpung waktu masih tiga bulan lagi sehingga cukup waktu untuk membayarnya. Semoga dimudahkan dan dikuatkan, ya, Miks.

Sambut dengan Perencanaan dan Target

Tulis rencana-rencana dan target selama satu Bulan Ramadan nanti. Bandingkan dengan target tahun lalu, kemudian lakukan evaluasi perbaikan sehingga Bulan Ramadan tahun ini menjadi lebih baik lagi. Target tilawah misalnya, kira-kira satu bulan nanti Anda mampu melakukan berapa juz. Atau target hafalan, tuliskan target tambahan hafalan selama satu Bulan Ramadan nanti.

Intinya, bahwa supaya Ramadan nanti menjadi Ramadan yang lebih bermakna. Oh, iya, target ibadah finansial juga menjadi sebuah target yang penting, karena sejatinya Ramadan adalah bulan ibadah sosial, bulan sedekah, dan berbagi. Persiapkan sejak sekarang finansial Anda untuk ibadah mulia nanti di Bulan Ramadan.

Ceritakan Kepada Anak-Anak tentang Kemualiaannya

Sejak jauh hari motivasi anak-anak dengan bercerita tentang banyak keutamaan dan kemuliaannya. Terlebih lagi jelaskan bahwa berpuasa adalah salah ibadah yang dikhususkan untuk Allah. Ajak mereka berlatih berpuasa. Motivasi mereka sejak dari sekarang supaya Ramadan tiba nanti mereka telah siap, baik siap mental maupun fisiknya.

Semoga tujuan berpuasa dengan menjadikan kita mendapatkan predikat muttaqin  dapat kita capai, salah satunya melalui sarana menyambut dengan persiapan jauh sebelum Ramadan datang.

Allāhumma ballighnā Ramadhān. Ya Allah, sampaikan kami kepada Bulan Ramadan.

0 Shares:
2 comments
  1. Selalu kangen masa-masa kajian tentang Ramadhan……berulang kali dipelajari…berulangkali pertanyaan yg sama tetap muncul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like