3 Tips Membangun Hubungan Silaturahmi yang Baik Sesama Manusia

Picture source: Pexels.com

Hai, Miks!

Sebagai manusia yang tercipta dengan akal sehat yang sempurna sudah sepatutnya kita menggunakan pikiran kita untuk berada di jalan kebaikan. Sebagaimana orang-orang bilang bahwasanya sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang bermanfaat bagi orang lain dan dirinya sendiri.

Setiap kebaikan yang dilakukan tentunya akan menuai balasan yang baik pula, misalnya berupa pahala ataupun hal baik lainnya yang terjadi pada diri kita. Tanpa kita sadari bisa saja hal baik yang sekarang kita rasakan adalah balasan dari Tuhan atas segala kebaikan yang pernah kita lakukan.

Berbicara tentang berbuat baik, ada begitu banyak kebaikan yang bisa kita lakukan. Salah satunya membangun hubungan silaturahmi yang baik sesama manusia. Ingat, kita tidak hanya dituntut untuk menjalankan perintah Tuhan, akan tetapi kita juga mempunyai kewajiban untuk berbuat baik sesama makhluk-Nya.

Oleh karena itu, yuk, perbanyak pahala dengan membangun hubungan silaturahmi yang baik sesama manusia. Ada pun cara-caranya, mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

1. Menyadari Hakikat Dasar Sesama Manusia

Pada hakikatnya sesama manusia pasti tidak akan pernah luput dari yang namanya kesalahan, baik itu kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja. Dalam menjalin hubungan silaturahmi sesama manusia lainnya, pasti sedikit atau banyak akan ada waktu di mana kita berbeda pendapat atau berselisih paham.

Di sinilah tugas kita sebagai manusia harus ingat kembali pada hakikat dasar manusia. Tugas kita adalah memaafkan manusia lainnya yang telah berbuat salah kepada kita. Dengan hal ini tentunya hubungan silaturahmi tidak akan mudah terpecah.

2. Perlakukan Manusia Lainnya Seperti Anda Berlaku Baik kepada Diri Sendiri

Jika kamu berpikir bahwa Anda tidak senang saat disakiti maka Anda juga harus berpikir bahwa orang lain pun merasakan hal yang sama seperti yang Anda rasakan daan jika Anda merasa bahagia saat dihargai maka orang lain pun sama. Hal inilah yang akan membuat hubungan silaturahmi sesama manusia akan berjalan dengan baik. Selain mendapatkan pahala, tentunya kita sebagai manusia dapat meringankan beban satu sama lain dengan saling membantu.

Ada begitu banyak kebaikan yang tanpa kita sadari kebaikan itu terlahir dari adanya hubungan silaturahmi satu sama lain. Sebagai makhluk sosial, kita tidak bisa hidup sendiri. Pasti membutuhkan orang lain untuk membantu meringankan sedikit beban. Begitu pun dengan orang lain, pasti akan membutuhkan kita. Oleh karena itu, yuk, jalin hubungan silaturahmi yang baik untuk kelangsungan hidup yang lebih baik juga.

3. Jangan Pandang Bulu dalam Menjalin Hubungan Silaturahmi

Setiap manusia adalah saudara bagi manusia lainnya. Tidak peduli suku, ras, bahasa, bahkan agama. Selama kita diperlakukan baik dan tidak dirugikan maka kewajiban kita sebagai manusia adalah berbuat baik juga kepada siapa pun itu.

Jangan hanya menjalin silaturahmi dengan orang yang kamu kenali saja, akan tetapi jalin juga silaturahmi dengan orang yang tidak kamu kenali. Itu akan makin menambah pahala dan juga relasi akan semakin luas.

Nah, itulah penjelasan dari bagaimana cara memperbanyak pahala dengan menjalin hubungan silaturahmi sesama manusia. Semoga kita adalah orang-orang yang menjaga dengan baik hubungan silaturahmi dengan siapa pun itu.

Semoga bermanfaat, ya, Miks.

0 Shares:
1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like