Inilah 3 Pilihan Investasi yang Menguntungkan untuk Masa Depan

Picture source: Hsbc.co.id

Hi, Miks!

Istilah investasi tentu telah dikenal oleh kita semua. Banyak manfaat investasi yang dapat dirasakan di masa depan, antara lain meningkatkan nilai aset dan kekayaan, menghindarkan dari inflasi, meningkatkan nilai  uang, menambah sumber panghasilan, dan mempersiapkan diri kita untuk bebas finansial di masa depan.

Investasi disesuaikan dengan kenyamanan dan kesenangan masing-masing individu. Mari kita kenali beberapa bidang investasi yang dapat dipilih. Berdasarkan pengalaman pribadi maka pilihan investasi antara lain:

1. Tanah

Investasi berupa tanah sangat menguntungkan karena harga tanah makin tahun makin tinggi harganya. Karakteristik dari investasi tanah ini sebaiknya menggunakan uang menganggur (idle money), bukan dari uang modal usaha atau dari kredit di bank. Manfaat kenaikan harga tanah yang tinggi akan dirasakan minimal 5 tahun dari pembelian. Itulah sebabnya uang untuk pembelian harus berasal dari uang menganggur (idle money) sehingga pembelian tanah tidak mengganggu modal usaha atau pos-pos lain dalam rumah tangga.

Dalam jual beli tanah yang perlu diperhatikan adalah cek keaslian sertifikat pada kantor BPN (Badan Pertanahan Nasional), cek status kepemilikannya, periksa detail tanahnya, cek status pemilik, dan biaya lain-lain terkait proses jual beli tanahnya.

2. Emas

Emas adalah pilihan investasi menguntungkan selanjutnya. Harga emas cenderung stabil, bahkan harga emas cenderung naik. Investasi emas di sini bisa berupa emas perhiasan dan emas batangan. Namun, bagi penulis sendiri lebih memilih emas batangan karena kandungan emasnya lebih banyak dan solid daripada emas perhiasan. Campuran kandungan dalam emas perhiasan mempengaruhi terhadap harga jual belinya. Oleh karena itu, sebaiknya investasi emas berupa emas batangan. Tempat penyimpanan bisa berupa brankas ataupun safe deposit.

Investasi emas batangan ini dapat dibeli di counter resmi PT. Antam, Tbk yang tercatat pada web PT. Antam, Tbk, dan butik Antam yang telah ada di beberapa kota.

Investasi emas yang dilakukan tidak dapat dirasakan manfaatnya dalam jangka pendek karena kenaikan harga emas cenderung stabil dan fluktuatif dalam jangka panjang. Ketika kondisi ekonomi inflasi maka harga emas akan melambung tinggi dikarenakan masyarakat cenderung ingin menyelamatkan hartanya agar tidak tergerus inflasi dengan cara membeli emas. Sama dengan tanah, manfaat investasi emas minimal dapat dirasakan minimal 5 tahun, mengingat waktu penyimpanan dan resiko kehilangan.

Pilihan emas batangan Antam adalah 0.5 gr, 1 gr, 2 gr, 3, gr, 5 gr, 10 gr, 25 gr, 50 gr dan 100 gr. Harga pembelian/gram dengan  berat yang makin besar akan makin murah. Namun, harga penjualan tiap gramnya sama maka makin berat emas batangan yang dibeli maka keuntungan makin besar. Contoh: per tanggal 13/1/2021 harga beli 5 gram adalah Rp.4.600.000,00, sehingga harga per gramnya adalah Rp. 920.000,00. Harga beli 10 gram adalah Rp. 9.145.000,00, sehingga harga per gramnya adalah Rp. 914.500,00. Terlihat perbedaannya bukan? Sedangkan harga jual per gramnya akan sama.

3. Saham

Saham juga merupakan investasi pilihan yang menguntungkan selanjutnya. Investasi ini dapat dipelajari dan harus dipraktikkan agar menghasilkan. Investasi ini bisa berupa investasi jangka pendek, jangka menengah, ataupun jangka panjang, tergantung pada investor yang bersangkutan. Investasi saham dapat dilakukan dengan dana yang kecil, minimal seratus ribu rupiah.

Investasi saham merupakan usaha yang fleksibel, di mana pun kita berada yang terpenting tersambung dengan koneksi internet maka proses trading dapat berjalan, bahkan kita dapat melakukannya tanpa meninggalkan rumah, apalagi dengan situasi pandemi COVID-19 ini yang mengharuskan banyak work from mome atau stay at home.

Apabila berminat untuk berinvestasi saham, apa yang pertama kali harus dilakukan? Tentu saja kita harus mendaftarkan diri pada perusahaan sekuritas terpercaya yang terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia). Setelah mendaftar, perusahaan sekuritas akan memandu kita dalam berinvestasi saham.

Selain itu, mulailah untuk mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan investasi saham, ikuti kursus-kursus investasi saham yang banyak menjadi pilihan dan terus belajar agar investasi yang kita tanam di saham dapat berkembang.

Nah, beberapa investasi dilakukan untuk mendapatkan mafaat di masa depan. Tentu semua orang mendambakan kebebasan finansial dan nilai kekayaan dapat meningkat. Banyak hal yang terjadi dan tidak diduga, investasi adalah langkah bijaksana agar nilai uang yang kita miliki tidak berkurang, bahkan dapat bertambah berkali-lipat dari nilai sekarang yang dimiliki.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like