3 Kompres Alami Menghilangkan Kantung Mata

Picture source: Kumparan.com

Hai, Miks!

Bagi wanita, memiliki kantung mata sangat mengganggu penampilan. Tentu penampilan yang telah apik dengan make up akan terganggu dengan tampilan kantung mata yang jelas. Ada beberapa hal yang menimbulkan kantung mata dapat terjadi antara lain: posisi tidur dengan tengkurap, banyak minum kopi, mengonsumsi garam berlebih, kurang konsumsi air putih, penyimpanan cairan akibat hormon, kurang tidur, mengonsumsi alkohol, alergi, keturunan, dan malas membersihkan make-up.

Ada berbagai macam cara dilakukan untuk menghilangkan kantung mata. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah untuk menghilangkan kantung mata adalah dengan kompres. Nah, berikut adalah kompres alami yang dapat mengurangi kantung mata. Bahan-bahan alami yang digunakan untuk mengompres dapat kita dapatkan dengan mudah di sekitar kita. Antara lain:

1. Kantong Teh

Tanaman dengan nama latin Camellia sinensis mengandung polifenol yang tinggi, dan menjadikannya antioksidan yang mengurangi peradangan. Teh mengandung kafein, omega 3, polifenol, dan asam lemak omega 3 dan 6.

Flavonoid, antioksidan yang terkandung dalam teh dapat mencegah penyumbatan pada pembuluh darah. Kantong teh dapat menjadi alternatif untuk menghilangkan kantung mata. Selain mudah mendapatkannya, kantong teh juga tidak berbahaya dan tidak ada efek samping sehingga tidak membahayakan.

Cara yang dilakukan adalah seduh 2 kantong the selama 5 menit, lalu peras. Simpan di dalam lemari es selama 15 menit. Lalu kompres pada kantung mata selama 15 sampai 20 menit. Lalu usap dengan air bersih.

2. Potongan Mentimun

Mentimun juga menjadi pilihan lain. Cara mendapatkannya pun mudah dan murah. Mentimun mengadung antioksidan, sifat astringen dan antimikroba. Mentimun memiliki manfaat yang besar dalam perawatan kulit karena memiliki mendinginkan dan menyembuhkan peradangan yang terjadi pada kulit.

Mentimun mengandung asam alfa hidroksin(AHA) yang tinggi dan bermanfaat membuat kulit kencang dan lembab. Mentimun mampu menghancurkan radikal bebas yang terdapat di kulit. Mentimun mengandung vitamin B dan vitamin C.

Cara yang dilakukan adalah iris mentimun dengan tebal 0,5 cm lalu cuci bersih. Lalu, tempelkan pada mata untuk kompres selama 30 menit. Setelah itu usap bekas kompresan mata dengan air bersih.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya yang dikenal juga dengan sebutan Aloe vera banyak kita jumpai di sekitar rumah kita. Iklim tropis membuat tanaman lidah buaya tubuh dan berkembang. Cara perawatannya pun sangat mudah.

Manfaat tanaman lidah buaya dapat dirasakan dalam industri kosmetik dan farmasi. Banyak kosmetik dan farmasi yang memakai bahan dasar dari lidah buaya.

Lidah buaya yang mengandung vitamin A, C, dan E, asam amino dan beberapa mineral merupakan antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas.

Cara yang dilakukan adalah cuci bersih tanaman lidah buaya. Kupas dan oleskan gel lidah buaya pada kantung mata. Biarkan kurang lebih 15 menit. Bilas bersih gel dengan air bersih. Lakukan seminggu tiga kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara menghilangkan kantung mata dengan bahan alami dapat dilakukan dengan mudah dan murah. Namun, hasil yang didapat bisa maksimal. Selain melakukan perawatan, gaya hidup pun harus berubah. Untuk mengurangi atau menghilangkan kantung mata maka tidur yang cukup dan berkualitas merupakan kunci suksesnya dan tidak lupa perbanyak mengonsumsi air putih untuk mengurangi dehidrasi yang mengakibatkan kantung mata. Selamat mencoba!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like