5 Tips Bahagia Menghadapi PHK

Source: Pexels.com

Hai, Miks!

Tidak terasa sudah hampir satu tahun pandemi COVID-19 melanda negara-negara di dunia, termasuk Indonesia. Perekonomian makin terpuruk dan banyak perusahaan yang harus mengurangi karyawan.

Jika pandemi ini tidak segera berakhir, kita pun bisa menjadi menjadi korban pemutusan hubungan kerja (PHK). Selama ini, kita mungkin tidak pernah membayangkan hal tersebut terjadi. Penghasilan rutin yang selama ini menjadi andalan dan sumber penghidupan hilang secara tiba-tiba. Hal ini tentu tidak menyenangkan, bukan? Kondisi seperti ini tidak jarang membuat orang yang di-PHK mengalami stres dan depresi.

Miks, kita harus ingat bahwa kehilangan pekerjaan bukan akhir dari segalanya. Jadi, kita harus bisa menyikapinya dengan bijak dan menjadikan kondisi ini sebagai pembelajaran dan titik awal untuk bangkit, keluar dari zona nyaman, dan memulai sesuatu yang baru.

Siapa pun tidak ingin terkena PHK. Namun, jika itu terjadi, kita harus siap menghadapinya. Nah, berikut ini lima tips menghadapi PHK dengan bahagia.

1. Ambil Hikmahnya

Selalu ada hikmah di balik setiap peristiwa, termasuk PHK. Selama ini, kita mungkin berdoa agar diberi rezeki yang melimpah. Kenyataannya, penghasilan kita ternyata hanya cukup untuk biaya sehari-hari. Dengan di-PHK, kita mendapatkan pesangon yang bisa dijadikan modal untuk membuka usaha sendiri. Bisa jadi, rezeki kita setelahnya justru jauh lebih besar daripada penghasilan selama ini.

2. Tetap Semangat dan Banyak Berdoa

Kehilangan pekerjaan bukan akhir dari kehidupan. Kita harus tetap semangat dan rajin berdoa. Yakinlah bahwa segala sesuatu yang terjadi pada diri kita adalah skenario terbaik dari Allah. Banyak-banyaklah berdoa dan mohon petunjuk dari Allah agar kita segera menemukan sumber penghasilan baru. Miks, sumber penghasilan baru di sini tidak harus dalam bentuk pekerjaan seperti yang selama ini kita lakukan, ya. Apa pun bentuknya, yakinlah bahwa sumber penghasilan baru yang kita peroleh adalah yang terbaik. Jadi, tetap semangat menjalani hari, ya.

3. Gali Potensi Diri

Inilah saatnya kita menggali potensi diri yang selama ini terpendam. Bercerminlah dan galilah potensi diri yang selama ini belum dimanfaatkan secara optimal. Jika suka memasak, cobalah untuk menawarkan masakan Miks kepada teman-teman. Manfaatkan media sosial untuk mempromosikannya.

4. Cari Ide Kreatif

Setelah melakukan promosi di media sosial, Miks perlu mencari ide-ide kreatif untuk mengembangkannya. Ide kreatif bisa dalam bentuk apa saja, misalnya mempercantik kemasan masakan sehingga menarik minat pembeli.

5. Ikuti Kursus Daring

Untuk meningkatkan kemampuan, banyak kursus online yang bisa diikuti dengan biaya terjangkau. Pilihlah jenis kursus yang sesuai dengan minat dan bakat kita, lalu ikuti dengan sungguh-sungguh.

Oke, Miks. Itulah lima tips menghadapi PHK dan tetap bahagia meskipun harus kehilangan pekerjaan yang sebelumnya menjadi sumber penghasilan. Yakinlah bahwa semua akan baik-baik saja. Pintu rezeki pasti akan terbuka lebar bagi mereka yang selalu bersyukur.

1 Shares:
1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like