Inilah 8 Ide Usaha Modal Kecil Untung Berlipat untuk Semua Kalangan

Picture source: Dikemas.com

Hai, Miks!

Menjalani kehidupan new normal adalah pilihan terbaik saat ini. Meskipun Anda belum tahu bila mana pandemi akan berakhir, namun kegiatan ekonomi keluarga harus tetap berjalan.

Peluang untuk berusaha masih terbuka lebar, ada jenis-jenis usaha yang berpotensi menghasilkan keuntungan yang berlipat. Hanya bermodalkan sosial media atau marketplace, kita bisa menjual skill atau produk kita dari mana saja dan kapan saja. Berikut ide usaha menjanjikan dengan modal kecil untung  berlipat untuk semua kalangan. Simak, yuk!

1. Jualan Jamu atau Empon-Empon

Pada saat ini, minum jamu tidak hanya diminum oleh kalangan masyarakat kelas bawah, tetapi sudah naik kelas menjadi new lifestyle untuk semua lapisan masyarakat. Minuman tradisional ini dipercaya dapat menjaga dan menguatkan sistem imunitas tubuh. Selagi naik daun, peluang ini bisa dimanfaatkan sebagai ide usaha. Jika Anda tidak bisa membuatnya sendiri, Anda bisa memanfaatkan produsen jamu rumahan  dengan membeli produk mereka dan menjualnya.

2. Usaha Food Frozen

Kondisi new normal menimbulkan kebiasaan-kebiasaan baru.  Hal ini pun berimbas pada kebiasaan makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Masyarakat lebih memilih makanan dengan penyajian praktis, higienis dan bisa bertahan lama.

Tidak perlu langsung membeli peralatan dan perlengkapan baru, manfaatkan dan gunakan saja peralatan dan perlengkapan dapur yang Anda miliki.

Anda cukup berkreasi dengan menu, menjaga kualitas rasa, dan kebersihan.

Usaha ini bisa dipasarkan secara online dan offline bahkan untuk meminimalkan risiko, Anda bisa menjualnya dengan sistem pre-order. Jadi, Anda hanya memasak dan membuat sesuai jumlah pesanan saja.

Usaha yang cukup menarik, ya!

3. Usaha Dropship Kebutuhan Harian

Kemudahan akses dan minimnya modal menjadi alasan kenapa usaha belanja online digandrungi banyak pelaku usaha kecil. Kemudahan akses yang di maksud adalah Anda dapat melakukan bisnis tanpa perlu ke luar rumah karena mengandalkan sistem dropship yaitu tanpa menyetok barang, dan semua hal yang berkaitan dengan pengemasan serta pengiriman dilakukan oleh supplier. Anda hanya perlu menggunakan gawai yang dimiliki dan mengeluarkan biaya untuk paket internet setiap bulannya.

Cara kerjanya, Anda mempromosikan produk-produk yang akan dijual via marketplace atau media sosial.  Usahakan produk yang dijual berkaitan dengan kebutuhan harian, misalnya perabot dan perlengkapan rumah tangga, baju, makanan, sayur-mayur, kebutuhan dapur, dan sebagainya.

4. Menawarkan Bumbu Siap Pakai

Di saat ini semua dituntut untuk disajikan secara cepat, bahkan termasuk dalam urusan makanan sekali pun. Sayangnya, karena hal ini banyak yang pada akhirnya beralih ke makanan instan yang menggunakan zat-zat pengawet. Ini termasuk peluang bagi Anda yang memiliki bakat memasak, tetapi tidak ingin membuka usaha katering.

Bumbu siap pakai Anda membantu orang melakukan food preparation makin praktis dan juga bumbu siap pakai Anda sifatnya sangat fungsional untuk beberapa masakan serta dijamin tanpa pengawet, hal ini yang membuat berbeda dengan bumbu siap pakai lainnya dan bisa membuat ketertarikan konsumen lebih meningkat.

5.Voice Over Talent

Miks, jika Anda mempunyai suara merdu, memiliki kemampuan berbicara yang baik dan kemampuan untuk membaca naskah dengan pengucapan yang tepat juga jelas maka dapat mempertimbangkan menjual suara Anda.

Suara Anda dapat dipergunakan untuk jingle radio, buku audio, dubbing suara film, kartun maupun iklan. Anda bisa mulai mencari lowongan pekerjaan voice over yang tersedia di indovoiceover.com, Glints.com, dan lain sebagainya.

6. Menjual Foto di Situs Online

Jika, Anda mempunyai hobi foto dan punya koleksi foto yang banyak, Anda bisa menjual foto-foto karya Anda.

Caranya mudah, Anda tinggal menjualnya lewat situs penyedia foto berbayar seperti Shutterstock, Getty Images,  dan lain sebagainya.

Selain mendatangkan penghasilan, jualan foto online juga bisa membantu mengembangkan hobi dan bakat Anda sebagai fotografer profesional. Lumayan, kan?

7. Freelancer

Jenis usaha yang cukup dicari di era new normal ini adalah desain grafis, copy writer, dan content writer  dikarenakan makin meningkatnya pelaku bisnis online di era new normal.

Untuk memasarkan produknya para pelaku bisnis online membutuhkan pengemasan dan branding yang baik agar produk bisa laku di pasaran.

Dibutuhkan penulisan iklan yang tidak biasa agar membangkitkan keingintahuan konsumen sehingga menimbulkan keinginan untuk membeli.

Bermodalkan komputer dan aplikasi desain, seperti Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, GIMP, Corel Draw, Picsart, Canva, dan lain sebagainya Anda dapat memulai mempelajari dan membuat desain-desain sendiri.

Content writer juga banyak dicari oleh banyak pihak, mulai dari influencer, pebisnis kecil hingga perusahaan besar. Mereka membutuhkan content writer agar jumlah pengunjung situs mereka bisa meningkat.

8. Kursus Online

Pola hidup new normal membuat kegiatan rutin seperti sekolah dan bekerja bisa dilakukan secara daring dari rumah. Nah, kalau Anda mempunyai keahlian di bidang seperti digital marketing, olahraga, bahasa asing atau mungkin olahraga, dan lain sebagainya, Anda bisa membuka kursus online berbentuk webinar, apalagi jika ternyata Anda sabar, bisa menyampaikan dengan baik maka kelas online Anda bisa jadi favorit dan memiliki banyak peminat.

Semua orang mempunyai kesempatan yang sama dalam berusaha dan menjadi sukses yang terpenting lakukan secara konsisten dan pilihlah usaha yang paling sesuai dengan minat dan keahlian kita. Karena segala sesuatu yang dilakukan dengan hati senang akan lebih hoki.

Itulah beberapa usaha yang paling menjanjikan dengan modal minim. Apabila Anda tertarik maka segera wujudkan!

19 Shares:
2 comments
  1. Mbak Vina, bagus artikelnya.
    Sekarang mencoba menggeluti freelancer ya. Belajar menulis artikel.
    Voice over juga udah mulai dikenal di Indonesia ya.
    Kalau semua diniatkan dan dijalankan, smoga berhasil ya.

    1. Aamiiin, Terima Kasih Ibu Enni atas motivasi dan doanya. Iya sekarang ini lagi menjalani dunia freelancer, semoga bisa mengikuti jejak Ibu dan yang lain sukses di bidang menulis. Voice Over sudah ada di Indonesia, tetapi belum familiar padahal menjanjikan juga hasilnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like