Inilah 6 Tips Jitu Memikat Hati Konsumen Menjadi Pelanggan Setia

Picture source: Pexels.com

Hai, Miks!

Setiap orang yang memiliki bisnis pasti ingin mendapat pelanggan sebanyak-banyaknya. Banyak cara yang dapat  kita lakukan untuk menarik perhatian konsumen, bahkan lebih dari sekadar menjual produk. Namun, seringkali ada banyak hal yang terabaikan sehingga konsumen kecewa dan akhirnya berpaling muka.

Konsumen bukanlah benda mati yang bisa diperlakukan seenaknya maka ada ungkapan pembeli adalah raja.  Sebagian besar pelaku pasar hanya memikirkan keuntungan tanpa memikirkan bagaimana cara membangun kepercayaan dan kesetiaan pelanggan. Bisnis yang langgeng merupakan impian banyak pelaku usaha.

Nah, ada 6 tips jitu memikat hati konsumen menjadi pelanggan setia yang bisa digunakan sebagai referensi. Yuk, kita simak ulasannya!

1. Menjual Produk atau Jasa Berkualitas dengan Inovasi

Pelaku usaha yang dapat beradaptasi terhadap kondisi pasar maka akan dapat bertahan dari derasnya persaingan dan lulus seleksi alam. Kepuasan pelanggan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan adalah aset penting dalam bisnis.

Strategi penting yang harus dilakukan adalah menjual produk atau jasa dengan jujur, meningkatkan produktivitas produk atau jasa dengan membuat sesuatu yang berbeda atau unik, dan konsisten.

2. Berbagi Nilai dalam Bisnis

Pelanggan akan memiliki ikatan emosional yang kuat apabila diberikan nilai bisnis dengan menjaga komitmen yang menjadi motto dan tujuan utama kita, seperti halnya konsumen yang begitu tergila-gila terharap produk merk tertentu yang ternama.

3. Memberi Pelayanan Prima pada Pelanggan

Pelayanan prima adalah kunci utama yang harus diperhatikan dan diberikan kepada pelanggan tanpa mengabaikan keberadaannya. Kita harus meluangkan waktu lebih banyak untuk pelanggan, mengenali kebutuhan dan keinginannya, mendengar keluhan dan melayani masalah yang dihadapi, serta meminta umpan balik dari pelanggan.

Selain itu, menggunakan panduan sistem secara otomatis, menawarkan program dengan promosi dan diskon menarik, memberikan penghargaan dengan berbagi keuntungan kepada pelanggan juga tak kalah pentingnya.

4. Memilih Karyawan yang Tepat

Perilaku dan pelayanan karyawan terhadap pelanggan sering dianggap sepele, padahal keputusan konsumen untuk menggunakan produk atau jasa sangat dipengaruhi oleh perlakuan yang diterimanya baik secara langsung maupun tidak langsung.

Karyawan yang memiliki sikap ramah dan sopan,  bicara  dengan bahasa santun, serta etos kerja dan dedikasi tinggi cenderung dapat memberi kebahagiaan pada pelanggan dan lingkungan di sekitarnya.

5. Ada Forum Kebersamaan untuk Pelanggan

Salah satu cara yang dinilai efektif untuk mendekatkan diri dengan pelanggan adalah membangun komunitas agar terjalin kebersamaan dan tercipta komunikasi yang mendorong mereka bertindak sesuai keinginan kita. Hal tersebut dapat dilakukan melalui media sosial dan kontak person mereka.

Informasi yang up date dari produk dan harga dapat tersampaikan dan mudah diterima pelanggan. Kita juga harus berbesar hati mengakui kesalahan yang bisa terjadi kapan saja untuk menjaga agar pelanggan tetap setia.

6. Menggunakan Testimonial dan Bukti Sosial

Testimonial pelanggan merupakan cara lain yang baik dilakukan agar pelanggan baru dapat belajar tentang produk/jasa yang ditawarkan berdasarkan pengalaman pelanggan.

Bagaimana, Miks, mau coba untuk menerapkannya? Semoga bermanfaat dan dapat menginspirasi bagi para pemula yang ingin membangun bisnisnya agar lebih maju dan makin banyak pelanggan setianya.

 

 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like