7 Strategi Pemasaran secara Daring yang Mudah Dilakukan

Picture source: Pexels.com

Halo, Miks!

Pandemi koronavirus sudah merubah laju perekonomian negeri kita tercinta. Salah satu yang paling tampak adalah makin maraknya orang yang menjalankan usaha dari rumah. Hal ini  dikarenakan banyak yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dari perusahaan tempat mereka bekerja.

Hal ini bisa disebut sebagai salah satu hikmah koronavirus. Akhirnya, banyak bermunculan orang-orang yang membuka lapangan usaha sendiri tanpa perlu bergantung dari gaji perusahaan. Namun, muncul permasalahan baru adalah banyak yang masih mengalami kesulitan dalam memasarkan produknya karena kurangnya ilmu atau wawasan tentang pemasaran, khususnya pemasaran secara daring.

Lalu, bagaimana cara memasarkan produk dengan mudah, efektif, dan tepat sasaran secara daring sehingga dapat tercapai terget penjualan yang diinginkan, bahkan meraih keberhasilan dalam berbisnis. Yuk, simak satu per satu penjelasan di bawah ini.

1. Manfaatkan Media Sosial

Kalau Anda sudah berniat menjalankan usaha dari rumah, media sosial menjadi salah satu sarana yang harus Anda miliki. Tidak ada alasan masih gaptek atau apalah karena semua bisa dipelajari dengan mudah dan dalam waktu yang singkat.

Facebook dan Instagram adalah media paling digemari dan terpopuler hingga saat ini. Sebagai informasi, menurut survei, Indonesia menduduki peringkat ke-4 sebagai negara pengguna Instagram dan Facebook terbesar di dunia. Jadi, memasarkan produk melalui media sosial dianggap sebagai salah satu cara paling efektif.

2. Memberikan Sample Produk

Ada lagi cara promosi yang lain adalah dengan menawarkan produk kepada konsumen sebagai tester untuk mengetahui reaksi konsumen.  Caranya adalah pada setiap pembelian yang dilakukan konsumen, Anda bisa menyertakan produk baru dalam kemasan kecil agar konsumen bisa merasakan produk tersebut.

Promosi tester ini memang bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat tentang produk baru yang akan Anda launching. Apabila respon konsumen baik, Anda bisa melanjutkan dengan cara promosi lain lagi agar produk baru Anda semakin dikenal masyarakat.

3. Membebaskan Ongkos Kirim Barang (Free Ongkir)

Salah satu trik pemasaran secara daring adalah dengan cara membebaskan ongkos kirim. Dengan Anda membebaskan ongkos kirim, konsumen menjadi lebih tertarik untuk membeli produk Anda.

Dalam hal ini, konsumen tidak hanya mendapatkan kemudahan, tetapi juga akan mendapatkan value lebih pada saat berbelanja produk yang Anda tawarkan. Dengan menggunakan trik free ongkir, penjualan produk Anda lambat laun akan mengalami peningkatan.

4. Memanfaatkan Momen

Dalam satu tahun Anda akan bertemu dengan momen peringatan Sumpah Pemuda, Hari Ibu, Idulfitri, Natal, dan hari-hari besar lainnya. Anda bisa memanfaatkan momen-momen tersebut untuk memberikan harga terbaik atau harga promo pada produk-produk yang Anda pasarkan.

Biasanya, mereka akan semangat berbelanja karena tepat dengan momennya dan tertarik dengan harga promo yang ditawarkan. Hal ini akan lebih menarik minat konsumen untuk memebeli di tempat Anda dari pada ke tempat lain dengan jenis produk yang sama.

5. Membuka Kesempatan untuk Reseller dan Dropshipper

Anda pasti bercita-cita bahwa produk Anda harus bisa dikenal banyak konsumen di berbagai wilayah di Indonesia. Ada satu cara ampuh adalah dengan membuka kesempatan bagi para reseller dan dropshipper sebagai perpanjangan tangan Anda dalam melakukan promosi.

Dengan adanya reseller dan dropshipper, Anda dapat mempromosikan dan menjual produk bahkan ke banyak daerah yang belum pernah terpikirkan atau terjangkau sebelumnya. Namun, untuk reseller dan dropshipper haruslah ada harga khusus yang tentunya lebih rendah.

6. Bergabung dalam Komunitas

Tidak akan ada ruginya apabila Anda bergabung dalam suatu komunitas apa pun yang bisa membawa manfaat, baik untuk Anda pribadi maupun bisnis yang sedang Anda jalani. Komunitas biasanya berisi orang-orang dengan latar belakang, hobi, bahkan tujuan jangka panjang yang sama.

Ketika Anda sudah mulai memasuki suatu komunitas maka Anda  harus segera mempelajari aturan main dari komunitas tersebut dan sekaligus Anda bisa mengetahui calon-calon konsumen Anda. Dengan mengikuti kegiatan dalam komunitas, Anda akan mengerti apa yang disukai dan dibutuhkan oleh calon konsumen sehingga memudahkan bagi Anda untuk menentukan konsep penjualan selanjutnya.

7. Dari Mulut ke Mulut

Tidak dapat dimungkiri bahwa cara promosi yang tidak akan lekang ditelan waktu adalah dengan cerita dari mulut ke mulut. Apabila satu konsumen sudah pernah merasakan kesan sangat baik terhadap produk Anda, pastilah tanpa perlu diminta orang tersebut akan bercerita ke keluarga, saudara, teman-temannya, atau siapa saja yang dia temui.

Dengan begitu, tanpa disadari informasi mengenai produk Anda akan tersebar di masyarkat luas. Ini bisa dikatakan juga sebagai iklan yang berjalan. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya promosi secara khusus untuk ini.

Itulah tujuh cara yang bisa dijadikan referensi ketika melakukan promosi usaha secara daring. Pilihlah cara yang menurut Anda bisa atau mudah dilakukan agar dapat  membantu bisnis Anda berkembang dalam jangka panjang.

Tidak perlu takut untuk gagal karena selalu ada solusi bagi orang-orang yang mau berusaha dengan sungguh-sungguh. Tetap semangat, ya, Miks!

 

 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like