Tips Mengatasi Rasa Kangen dengan Keluarga Jarak Jauh

Tips Mengatasi Rasa Kangen dengan Keluarga Jarak Jauh
Picture source: Pexels.com

Halo, Miks!

Tinggal berjauhan dengan keluarga sudah sangat umum tampak di sekitar kita. Tidak hanya sekadar beda kota, tetapi banyak pula yang hingga lain negara. Andai dapat berkunjung atau pulang kampung sesering mungkin, sih, tidak masalah, tetapi bagaimana kalau agenda bertemu keluarga menjadi tertunda dalam jangka waktu lama?

Jangan bersedih, ya, karena banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengobati rasa kangen dengan keluarga yang tinggal berjauhan. Di bawah ini ada beberapa tips, semoga bermanfaat. Selamat membaca.

1. Menelepon

Menelepon menjadi pilihan cara karena paling mudah dilakukan, apalagi smartphone menjadi salah satu alat komunikasi yang umum dipakai oleh setiap orang. Dengan menelepon, Anda dapat bercerita apa saja dengan keluarga di sana dan tak perlu malu mengungkapkan rasa kangen dan sayang kepada mereka.

Durasi berapa pun akan bisa mengatasi rasa rindu yang luar biasa. Satu hal yang harus dipahami, hindari menelepon keluarga hanya saat Anda mempunyai masalah saja.

2. Melakukan Video Call

Selain telepon, fasilitas video call juga bisa menjadi pilihan bagi Anda. Zaman modern sekarang saat teknologi sudah makin canggih, silaturahmi dapat berjalan kapan dan di mana saja hanya dengan bermodalkan smartphone dan koneksi internet. Melalui video call, Anda dan keluarga bisa saling melihat ekspresi wajah yang kadang harus sampai menitikkan air mata karena saking harunya

3. Mengirimkan Bingkisan atau Makanan

Meskipun Anda berada di luar daerah atau bahkan luar negeri, bukanlah menjadi kendala apabila Anda ingin mengirimi sesuatu untuk keluarga. Kiriman bisa berupa bingkisan atau makanan. Zaman serba online memberi kemudahan bagi banyak orang. Tinggal mencari informasi jenis produk atau makanan apa yang akan dikirimkan.

Usahakan order kepada orang atau teman yang satu daerah dengan keluarga demi meminimalkan risiko penipuan. Anda tidak perlu repot sama sekali karena prosesnya sangat mudah diterapkan.

4. Membeli Makanan Khas Kampung Halaman

Meskipun di wilayah Anda tinggali saat ini sudah tersedia banyak jenis makanan maupun minuman, tetapi  pasti selalu muncul perasaan kangen dengan makanan khas kampung halaman. Jangan khawatir karena saat ini sudah banyak gerai yang menjual makanan daerah, baik secara online maupun offline.

Silakan Anda mencari info tentang hal tersebut melalui internet. Dengan menikmati makanan khas kampung halaman, tentu sudah lumayan mengobati rasa kangen dengan keluarga.

5. Menyibukkan Diri dengan Pekerjaan dan Hobi

Berada jauh dari keluarga haruslah mencari kesibukan supaya pikiran tidak melulu memikirkan kampung halaman. Pekerjaan rutin setiap hari ditambah aktivitas lain, misalnya hobi atau mengikuti komunitas yang bertujuan positif, pastilah sudah menyita waktu Anda sehingga bisa menjalani kehidupan sehari-harinya dengan santai, tanpa perlu terbebani memikirkan keluarga di kampung halaman.

6. Memanfaatkan Media Sosial

Saat ini peran media sosial sangat luar biasa. Segala sesuatu yang terjadi di dunia ini akan bisa cepat tersebar hanya dengan melihat informasi dari media sosial. Apabila Anda dan keluarga masing-masing mempunyai akun WhatsApp, Facebook, Instagram, atau Twitter maka akan dengan mudah saling berbagi kabar atau gambar. Meskipun hanya melalui media sosial tersebut, Anda dan keluarga akan merasa sangat dekat dan komunikasi tetap berjalan dengan sangat baik.

7. Melihat Galeri Foto

Satu hal yang paling mudah kita lakukan adalah membuka kembali galeri foto yang tersimpan dalam smartphone. Pasti banyak sekali foto orang tua dan keluarga Anda di kampung halaman yang masih tersimpan dengan baik. Kumpulan foto dan video saat Anda dan keluarga sedang melewati  acara bersama, misalnya momen Lebaran, liburan atau ketika makan bersama keluarga besar. Memandang kembali wajah-wajah dalam foto pasti bisa mengobati rasa rindu dengan keluarga di kampung halaman.

Itulah tujuh tips yang mungkin bisa membantu Anda dalam mengatasi rasa rindu dengan keluarga yang terpisah oleh jarak ribuan kilometer. Sembari menunggu waktu kapan bisa pulang kampung, tidak ada salahnya merutinkan tips seperti tersebut di atas. Tetap semangat, ya, Miks!  Semoga bermanfaat.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like