Inilah 6 Kata yang Dapat Menumbuhkan Rasa Percaya Diri dan Meningkatkan Kecerdasan Anak

Picture source: momlifetoday.com

Halo, Miks!

Masa anak-anak adalah masa yang paling indah, tetapi tentunya harus dengan pola asuh yang benar dan baik supaya tumbuh kembang anak sesuai harapan. Sebagai orang tua, sudah pasti kita menginginkan si kecil tumbuh menjadi anak yang percaya diri, berani mengemukakan pendapat, menunjukkan minat atau hobinya, dan mengeksplor lingkungan sekitarnya. Untuk itu rasa percaya diri tentulah harus dibangun sejak dini, supaya anak menjadi anak yang pintar.
Nah, ulasan berikut merupakan kata-kata yang dirindukan anak agar anak menjadi anak yang percaya diri sehingga nantinya dapat berdampak memperoleh anak yang cerdas, saleh dan salihah.

1. Kami Mencintaimu, Nak

Ungkapkan rasa cinta Anda terhadap anak. Di sini, ungkapan cinta haruslah ikhlas tanpa syarat. Artinya, ketika Anda sebagai orang tua mengungkapkan rasa cinta jangan mengharap balas anak juga mengungkapkan hal sama karena cinta artinya memberi bukan menerima.

2. Kami Bahagia Mempunyai Anak Sepertimu

Sebagai orang tua, Anda harus menunjukkan betapa bahagianya memiliki anak seperti mereka. Apa pun kelebihan dan kekurangannya, sebagai orang tua haruslah merasa anak Anda adalah yang terbaik dan itu perlu diungkapkan supaya anak merasa dihargai.

3. Berikan Pujian Ketika Anak Berani Melakukan Sesuatu yang Mengagumkan

Misalnya, anak memiliki suara yang bagus dalam bernyanyi atau menghafal surat pendek, pujilah. Hal ini bisa menumbuhkan percaya diri anak.

4. Beri Kesempatan dan Kepercayaan

Beri kesempatan dan kepercayaan pada anak sesuai usianya. Misalnya, anak usia 3—4 tahun, sudah mampu mandi, makan sendiri cobalah untuk mengeksplor anak agar melakukannya. Lalu, ketika berhasil, pujilah mereka dengan kata seperti, “Wah anak mama papa hebat, pintar, cerdas.” Dengan begitu rasa percaya diri pada anak akan terbentuk, juga kecerdasan pun meningkat.

Anak usia 9 tahun ke atas misalnya sudah mampu kita beri kepercayaan untuk berbelanja, cobalah untuk menyuruhnya dengan memberikan daftar belanja. Anak harus sesuai list yang ada untuk menanamkan disiplin. Karena jika belanja melebihi list daftar belanja, otomatis besar pengeluaran dan akan mubazir. Jadi, ajarkam anak tanggung jawab agar amanah.

5. Ajak Bermusyawarah

Sesekali ajak anak bermusyawarah dalam mengambil sebuah keputusan sehingga tertanam pada anak jika mereka dihargai. Misalnya, Anda akan berlibur dan ingin mengajak keluarga besar, coba tanyakan pendapat si anak, bagaiman jika kita berlibur mengajak si A, B, C dan seterusnya. Dengan begitu, selain anak merasa dihargai, juga mengajarkan anak bisa mengmbil keputusan dan sikap dalam hidupnya kelak.

6. Doakan yang Baik dan Anak Mendengarnya

Jika semua sudah dilakukan, pastikan mendoakan anak dengan doa yang baik dan tak putus. Terutama berdoalah ketika anak mendengar doa Anda. Dengan anak mendengar doa Anda yang baik maka akan menstimulus otak anak, “Ooh, jadi orang tuaku menginginkan aku jadi anak yang pandai, cerdas, saleh,” dan lain sebagainya. Dari situ juga bisa menumbuhkan rasa sayang anak terhadap orang tuanya.

Itulah enam kata yang dapat menumbuhkan rasa percaya diri anak sehinggga diharapkan dapat mencetak generasi yang cerdas, pandai juga saleh, salihah.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like