6 Tips Bugar dan Semangat Selama Isolasi Mandiri

Picture source: Pexels.com

Hai, Miks!

Beraktivitas di rumah saja selama pandemi tentu menimbulkan kebosanan bagi Miks. Namun, tingkat kebosanan, stres, bahkan depresi bisa semakin memburuk saat Anda terkonfirmasi positif COVID-19. Sederet aktivitas pun urung untuk dilakukan. Rebahan di atas tempat tidur akhirnya menjadi pilihan sebagian besar pasien COVID-19. Nah, pilihan tersebut harus ditepis jauh-jauh, ya, Miks. Saat isolasi mandiri khususnya di rumah, sejumlah kegiatan berikut bisa Miks lakukan agar tetap berpikir positif dan semangat, lo! Yuk, disimak!

1. Mendengarkan Murottal dan Membaca Al-Qur’an

Penelitian Dr. Al Qadhi, sebagaimana dilansir dari jurnal ilmiah Julianto dkk yang berjudul “Pengaruh Mendengarkan Murattal Al Qur’an terhadap Peningkatan Kemampuan Konsentrasi” tahun 2014, menemukan bahwa mendengarkan murottal Al-Quran memberikan efek fisiologis sekaligus psikologis bagi manusia. Lebih lanjut, disebutkan bahwa manusia yang melakukan aktivitas ini secara simultan akan merasakan ketenangan serta mengurangi ketegangan urat saraf reflektif. 

Selain mendengarkan murottal, membaca Al-Qur’an juga tak kalah dahsyatnya untuk meningkatkan kesehatan fisik selama sakit atau dalam masa pemulihan. Dengan membaca Al-Qur’an, secara nyaring atau paling tidak terdengar oleh telinga sendiri, kegelisahan, stres, dan depresi (Mosavi dkk dikutip dalam “Voice of Qur’an and health: A review of performed studies in Iran” karya Sadeghi, 2011) selama masa isolasi mandiri pun dapat teratasi.  

2. Mendengarkan Tausiyah

Saat isolasi mandiri terutama di pekan pertama terkonfirmasi positif COVID-19, Miks dengan gejala sedang dan berat pasti mengalami kesulitan untuk beraktivitas fisik secara optimal. Karena itu, Miks bisa rebahan sambil mendengarkan tausiyah melalui media daring atau audiovisual. Pikiran lebih sehat, ilmu didapat, pahala tercatat. Insya Allah. 

3. Menulis

Writing is healing. Pernah dengar kutipan tersebut? Pasti dong! Nah, Miks bisa mempratikkannya selama isolasi mandiri. Tulislah hal-hal yang Miks syukuri, rasakan, dan impikan. Jangan memaksakan diri untuk menulis hal-hal yang rumit. Miks bisa menulis agenda kegiatan untuk sehari penuh atau pengalaman melakukan kebiasaan baru.

4. Olahraga 

Sekadar menggerakkan badan selama 10-15 menit dibawah sinar matahari pagi dapat menyegarkan sekaligus meningkatkan imunitas tubuh, lo! Jika ingin lebih bersemangat, putar musik upbeat selama berolahraga, ya, Miks. 

5. Membaca Buku

Suka dengan buku? Nah, Miks bisa meluangkan waktu sekira 30 menit hingga 1 jam per hari untuk membaca buku kesukaan. Agar lebih menyenangkan dan tidak monoton, Miks bisa menggunakan aplikasi perekam pada gawai untuk menceritakan kembali isi cerita dari buku yang sudah Miks lahap. Bagaimana, seru, ‘kan?

6. Berkomunikasi 

Mendengarkan kata-kata penyemangat dari keluarga atau kerabat pasti membantu Miks lebih sabar dan termotivasi untuk sembuh. Karena itu, sering berkomunikasi melalui saluran telepon dan panggilan video juga harus diagendakan, ya, Miks. 

Dengan enam tips aktivitas di atas, semoga dapat membantu Miks yang terkonfirmasi positif COVID-19 menjadi lebih rileks dan bersemangat selama menjalankan isolasi mandiri. Hal terpenting adalah terus meningkatkan keimanan kepada Allah SWT dan memotivasi diri sendiri, ya, Miks. Selamat mencoba!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like