Terapkan 10 Trik Ini agar Presentasi Penjualan Anda Menarik

Picture source: Pexels.com

Hai, Miks!

Apakah ada yang pernah berpikir ingin mencoba menjadi sales terkenal? Nah, mau tahu enggak bagaimana caranya? Modal utama yang wajib dimiliki adalah kemampuan presentasi yang baik dan menarik. Tujuan utama presentasi untuk memperkenalkan produk, membuat audiens tertarik, dan penasaran sehingga ingin tahu lebih banyak tentang produk. Setelah itu mengajak audiens untuk mencoba menggunakan produk yang ditawarkan.

Berikut ini adalah 10 Trik yang Anda coba agar presentasi penjualan Anda menarik:

1. Perkenalan Diri yang Unik

Awal Anda memperkenalkan diri pada audiens umumnya sangat singkat dengan menyebut nama panggilan, daerah asal, nomor kontak, dan hobi. Anda perlu menyampaikan prestasi, reputasi, dan berbagi pengalaman unik dengan bahasa yang memesona. Kesan pertama yang menggoda saat perkenalan diri membawa audiens makin bersemangat mendengarkan presentasi.

2. Pembukaan Presentasi Hebat

Presentasi hebat bukan karena penampilan yang keren dan wajah yang menawan. Kalimat pembuka sederhana, tetapi sarat makna dan penyampaian ide brilian dengan cara yang tepat  mampu menghibur dan memotivasi  audiens. Suasana beku berubah sekejap menjadi cair dan terbangun hubungan kedekatan antara Anda dengan audiens. Transfer energi positif yang  Anda kirimkan akan memancarkan aura positif audiens.

3. Menggali Kebutuhan Audiens

Anda perlu mempersiapkan diri untuk lebih memahami karakteristik audiens dengan menggali lebih dalam apa yang sebenarnya dibutuhkan. Hal tersebut dilakukan untuk  menghasilkan presentasi seperti yang diharapkan audiens.

4. Memberi Data Sesuai Fakta dan Terukur

Data yang baik harus sesuai dengan fakta dan terukur untuk meyakinkan audiens terhadap produk. Presentasi yang disajikan dengan slide dan gambar yang menarik, susunan kata dalam kalimat yang mudah dimengerti, dan lagu yang menyenangkan memberi kemudahan bagi audiens untuk menangkap pesan yang Anda sampaikan.

5. Komunikasi yang Efektif (Dua Arah)

Komunikasi satu arah seperti cinta bertepuk sebelah tangan karena audiens merasa tidak dianggap kehadirannya. Anda harus melakukan komunikasi 2 arah untuk mengembalikan perhatian audiens.  Anda dapat menyiapkan pertanyaan atau membuat game tebak-tebakan sehingga audiens penasaran.

6. Edutainment

Hindari menyajikan kalimat yang terlalu panjang dan tidak efektif dalam presentasi karena dapat membuat audiens lelah dan bosan. Informasi dan pesan akhirnya tidak sampai ke audiens maka perlu strategi dan tehnikpresentasi yang lebih menarik, menghibur, dan mengesankan audiens.

7. Fokus

Presentasi yang fokus dapat membuat audiens terbawa suasana sehingga tanpa disadari audiens akan terpengaruh pada produk yang Anda tawarkan.

8. Mengelola Waktu Presentasi

Perencanaan waktu yang baik perlu disiapkan dengan membuat rencana sesi yang berisi materi sekaligus waktu penyampaian.

9. Menyiapkan Bahan dengan Memanfaatkan Fasilitas dan Sarana

Anda harus siap menghadapi bagaimanapun kondisi tempat presentasi dan audiens. Oleh karena itu Anda perlu mencari tahu fasilitas dan sarana yang tersedia sehingga sales dapat merencanakan teknik   presentasi untuk menyampaikan materi agar pesan dapat diterima dengan baik oleh audiens. Meski ada atau tidak fasilitas dan sarana yang memadai.

10. Penutup Presentasi yang Cantik

Anda yang menutup presentasi dengan kemasan cantik dapat memberikan kesan mendalam di hati audiens sehingga audiens tertarik dan bertindak sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

Demikian 10 trik yang bisa Anda praktikkan agar presentasi penjualan menarik. Semoga dapat bermanfaat dan menginspirasi Anda.

 

 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like