Inilah 12 Macam Penawaran yang Menarik dalam Penjualan

Picture source: Pexels.com

Halo, Miks!

Pernahkah Anda tertarik membeli suatu produk karena sedang ada diskon besar-besaran di mal? Atau pernah memborong banyak barang karena ada promo beli satu gratis satu di marketplace?

Kadang kala Anda membeli barang tersebut bukan benar-benar karena membutuhkannya, tetapi karena tertarik dengan penawarannya. Benar atau tidak? Kalau benar, itu berarti penawaran adalah salah satu hal yang membuat promosi jualan makin terasa lebih menarik untuk orang berlomba membeli produk Anda. Jadi, tugas penjual adalah memperbaiki penawarannya. Penawaran itu bisa beragam caranya.

Kali ini Makmood akan membagikan 12 macam penawaran yang menarik dalam penjualan. Yuk, simak ulasannya!

1.  Cross-Selling

Cross Selling dilakukan ketika konsumen membeli suatu produk kemudian penjual menawarkan produk lain untuk melengkapi produk yang sebelumnya dibeli konsumen.
Contohnya, toko fashion yang menawarkan membeli hijab sebagai pelengkap kepada pembeli yang telah memesan gamis atau menawarkan ciput kepada pembeli yang memesan hijab atau rumah makan yang menawarkan membeli camilan sebagai makanan tambahan kepada pembeli yang membeli makanan berat sebagai makanan utama.

2. Up-Selling

Up Selling dilakukan dengan merekomendasikan produk sejenis yang memiliki nilai jual lebih tinggi dibanding produk yang akan dibeli konsumen. Contohnya jika Anda ingin membeli popcorn ukuran small atau medium di bioskop, kemungkinan kamu akan ditawarkan popcorn ukuran large.

3. Free Trial atau Free Sample

Promosi dengan memberikan penawaran coba gratis untuk sejumlah produk atau jasa.
Contohnya penjual makanan di supermarket memberikan sample makanan cuma-cuma untuk dicoba dahulu oleh konsumen.

4. Garansi

Jaminan kualitas dan pelayanan yang diberikan penjual kepada pembelinya.
Contohnya garansi uang kembali jika dalam lima hari barang yang dikirim belum sampai ke alamat pembeli.

5. Limited Time Offer

Penawaran yang diperoleh pembeli dalam batas waktu tertentu.
Contohnya menu makanan ini hanya bisa dipesan sampai jam dua siang. Segera pesan sebelum waktu habis!

6. Bundling

Bisa dilakukaan dengan mengemas dua produk atau lebih menjadi satu kemasan sehingga harganya menjadi lebih ekonomis daripada membeli satuan.

7. Demo

Mempresentasikan produk secara langsung ataupun presentasi melalui media seperti video tentang cara kerja produk dan video testimoni pelanggan yang sudah menggunakan produknya.

8. Testimoni

Suatu bentuk pernyataan atau penilaian terhadap pelayanan penjual dan kualitas produk yang sudah digunakan oleh konsumen.

9. Voucher

Voucher bisa berbentuk kupon yang digunakan sebagai alat transaksi sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Contohnya voucher pulsa, voucher belanja, voucher gratis ongkir, dan banyak lagi.

10. Bonus

Sesuatu yang didapatkan secara gratis oleh konsumen jika membeli produk dari Anda. Sebaiknya bonus yang diberikan relevan dengan produk yang dibeli konsumen, misalnya untuk pembelian smartphone maka bonusnya bisa berupa casing.

11. Diskon

Diskon merupakan penawaran yang sudah tidak asing lagi karena sudah banyak sekali yang menggunakan. Diskon paling diburu konsumen karena potongan harga yang didapat membuat barang yang dibeli menjadi lebih murah dari harga biasanya.

12. Cashback

Hadiah berupa uang tunai atau poin atau barang untuk konsumen yang telah membeli produk dalam jumlah tertentu.

Setelah menyimak macam-macam penawaran tersebut, penawaran manakah yang belum pernah dan paling sering Anda gunakan? Manakah penawaran yang menurut Anda paling efektif digunakan untuk meningkatkan penjualan Anda? Silakan terapkan dan lihat hasilnya. Semoga penawaran Anda berhasil menarik banyak konsumen,ya!

 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like