3 Alternatif Hiburan Menyenangkan untuk Mengisi Waktu Libur Kenaikan Kelas

Bermain dengan Alam [pixabay.com]

Halo, Miks!

Ananda sedang liburan akhir semester? Biasanya masa liburan adalah saat yang paling menyenangkan bagi anak. Anak-anak gembira menyambut rencana berpergian. Namun, covid 19 belum berlalu. Niat berjalan-jalanpun diurungkan. Bagaimana mengisi liburan dengan hiburan yang menyenangkan namun tidak perlu pergi jauh-jauh. Berikut ini hiburan murah meriah dan menyenangkan sebagai alternatif untuk mengisi rencana liburan anak-anak:

  1. Study Tour ke pasar

Pasar identik dengan becek, kotor, bau. Itu menurut pikiran kita para orang tua. Rasa khawatir terlalu dalam, yang sebenarnya tersimpan rasa keengganan kita untuk membawa buah hati ke pasar. Ribet atau tidak mau repot bukan? Tapi taukah pergi ke pasar adalah hiburan yang menyenangkan bagi anak. Mereka bisa belajar banyak hal. Benda-benda real atau konkret. Mereka bisa menyentuh, menyebutkan dan bertanya tentang apa saja yang mereka lihat di pasar. Ikan menggelepak, deretan bumbu dapur menjadi hiburan penuh edukasi yang memenuhi rasa ingin tahu anak terhadap benda tersebut.

Sebagai catatan pilihlah pasar tempat study tour yang dekat dengan rumah. Kemudian, pastikan daerah tersebut berupa zona hijau. Lalu, tetap gunakan masker dan patuhi protokol kesehatan.

  1. Study Tour ke tempat sosial

“Membahagiakan orang lain, membuat diri sendiri berbahagia.”

Anak-anak akan berbahagia ketika dia bisa melakukan sesuatu untuk orang lain. Sesekali, ajak anak berkunjung ke panti asuhan. Selain melatih empati anak, ini juga hiburan religi bagi sang anak. Ia akan menyadari bahwa dalam hidup ada orang lain yang tidak seberuntung dengan dirinya. Ia akan melihat teman-teman di panti meskipun tidak mempunyai banyak hal, mereka tetap terlihat bergembira, tidak mengeluh dan punya rasa berjuang untuk terus belajar.

  1. Berpetualang

Anak terlihat berbahagia ketika berpetualang. Berpetualang tidak harus jauh-jauh. Di sekitar kitapun tersedia tempat berpetualang. Bila mempunyai taman mini, ijinkan anak untuk berpetualangan mencari serangga, capung. Lalu, mencatatnya dibuku kecil mereka. Tentang warnanya, bentuk dan apa makanannya.

Jika tidak tersedia, anak bisa berpetualangan mengejar ayam. Melihat di kandang dan memberi makan dan minum. Dulu, kita pernah merasa bahagia bukan? Ketika hanya mengejar layang putus atau mengejar mamang bakso yang terlanjur jauh pergi membawa dagangannya.

Nah, Miks! Itulah 3 alternatif hiburan yang menyenangkan mengisi libur kenaikan kelas. Murah meriah dan mengedukasi. Selain itu, kegiatan diatas dapat menggeser rasa nyaman anak memegang gadget. Ajaklah keluar, lakukanlah kegiatan sederhana itu, insya Allah anak lebih bahagia dan pelajaran yang didapat berguna untuk tumbuh kembangnya.

Tantangan Makmood Publishing hari ke-16

2 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like