5 Jenis Makanan yang Baik dan Sehat untuk Berbuka Puasa

Fotot: healthline.com

Hai, Miks!

Sudah satu minggu umat Muslim di seluruh dunia menjalani ibadah puasa. Ada yang masih tetap bekerja seperti biasa, ada yang WFH (bekerja dari rumah), dan ada juga yang menjadikan momen Ramadan sebagai waktu yang tepat untuk berniaga, misalnya berjualan makanan berbuka puasa dan lainnya.

Puasa merupakan suatu ibadah kepada Allah dengan cara menahan lapar dan dahaga dari terbit matahari hingga terbenam. Dengan berpuasa, umat Muslim juga dituntut untuk menahan diri dari amarah dan hawa nafsu yang dapat merusak nilai-nilai ibadah.

Meski sedang berpuasa, tetapi tubuh harus tetap sehat dan segar agar dapat melakukan berbagai aktivitas dan ibadah dengan baik seperti hari-hari lainnya. Oleh sebab itu, penting bagi setiap Muslim memperhatikan pola makan saat berpuasa agar tidak mudah lemas.

Saat berbuka puasa, orang-orang cenderung makan banyak makanan. Padahal, hal itu justru bisa menimbulkan berbagai dampak negatif di kemudian hari. Untuk itu, sudah semestinya umat Muslim memperhatikan pola makannya saat berbuka agar komposisi gizi yang masuk ke dalam tubuh seimbang.

Berikut ini 5 jenis makanan yang sangat baik di konsumsi saat berbuka puasa agar tubuh tetap sehat menjalankan ibadah puasa.

Kurma

Makanan yang satu ini adalah menu wajib yang ada saat berbuka puasa. Kurma mempunyai banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Makanan yang satu ini memiliki kandungan glukosa, fruktosa, dan sukrosa dengan kadar rendah kalori.

Saat berbuka puasa disarankan memakan makanan manis untuk mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa. Kurma merupakan pilihan utama untuk berbuka. Namun, makanlah secukupnya, jangan sampai berlebihan.

Madu

Ada banyak manfaat yang dimiliki madu yang baik bagi kesehatan tubuh manusia. Ada banyak kandungan gizi di dalam madu, di antaranya vitamin, antioksidan, zat besi, kalium, mangan, kalsium, magnesium, dan sulfur. Madu sangat baik untuk melancarkan pencernaan dan metabolisme tubuh.

Kandungan glukosa dan fruktosa yang ada di dalam madu juga sangat mudah diserap oleh tubuh sehingga bisa mengembalikan energi dan stamina yang hilang.

Air Putih

Tubuh akan mengalami dehidrasi yang menyebabkan lelah, sakit kepala, dan sulit berkonsentrasi saat berpuasa. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk minum air putih terlebih dahulu saat berbuka puasa. Minum air putih saat berbuka dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang.

Buah Segar

Saat berbuka puasa juga sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah segar karena buah dapat dicerna dengan mudah oleh usus. Untuk mengatasi dehidrasi, makanlah buah yang banyak mengandung air, seperti semangka, anggur, dan lainnya.

Selain buah yang banyak mengandung air, buah yang kaya akan serat juga baik untuk mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa, misalnya pepaya dan pisang.

Sayur

Sayur sangat mudah dicerna tubuh sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Ketika berpuasa, enzim pencernaan akan berkurang dan ukuran lambung mengecil. Oleh sebab itu, makanlah makanan yang mudah dicerna agar lambung tidak syok dan bekerja lebih keras.

Sayuran hijau sangat direkomendasikan untuk berbuka puasa karena mengandung banyak protein, serat, mineral, zat besi, dan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Itulah beberapa jenis makanan yang sangat baik dikonsumsi pertama kali saat berbuka puasa. Makanlah secukupnya, beri sepertiga bagian lambung untuk makanan, sepertiga air, dan sepertiga udara. Selamat berpuasa, Miks!

1 Shares:
1 comment
  1. Subhanallah Mbak Isda, benar kurma merupakan buah yang disunnahkan oleh Rasulullah saw untuk berbuka pada puasa Ramadan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like