PANGET MASIN   IKAN NILA DI RANAH MINANG, INILAH RESEPNYA

Source: resepmasakanterbaru95.blogspot.com

 

 

#Tantangan Menulis Makmood Publishing. Hari Ke-6

 

Halo, Miks!

Pernahkan mencoba atau makan di restoran masakan Padang? Nah gulai Panget Masin salah satu menu  favorit. Panget  masin beragam, mulai ikan air tawar, seperti ikan , nila, gurame dan lainnya. Ada juga panget masin ikan laut, seperti ikan tongkol, ikan tuna dan lainnya. Nah,  inilah resep panget masin ikan nila.

 

Langkah-langkahnya

  1. Proses Membersihkan ikan

Sebelum ikan nila, diolah. Pastikan ikan tersebut bersih dan tidak berbau amis. Sebab ikan nila karena ada di kolam. Tentu bau kolam juga lengket di ikan. Oleh karena itu, perhatikan ketika membersihkan ikan. Setelah ikan nila diambil dari kolam. Ikan dibersihkan. Cara mencuci ikan juga harus diperhatikan. Ketika mencuci ikan, terakhir kali tarok ikan di wadah atau keranjang yang bisa mengalir airnya. Supaya ikan bersih dari lendir-lendir serta darah.

 

Agar ikan tidak amis, rendam dengan air jeruk nipis atau boleh juga jeruk purut sekitar 30 menit. Sehingga bau amis ikan akan hilang dengan sendirinya. Oh ya, jangan lupa juga mengasih garam dapur dulu. Supaya ikan tetap segar ketika akan dimasak.

  1. Sediakan Bahan-bahan

Bahan-bahannya

  1. Ikan Nila 2 Ekor atau 500 gram
  2. Santan Kelapa
  3. Cabe rawit

 

Bumbu Halus

  1. Jahe
  2. Lengkuas
  3. Kunyit
  4. Bawang Putih
  5. Cabe rawit

 

Daun Rempahnya

  1. Daun kunyit
  2. Daun salam
  3. Daun Ruku-ruku
  4. Sere
  5. Garam
  6. Asam kandis kering atau boleh basah, dan bisa asam tunjuk

 

  1. Cara pengolahan

Santan disediakan sekitar 1 liter. Lalu masukan bumbu halus. Kemudian masukan daun rempahnya. Apabila semua bumbu halus dan dun rempah sudah tergabung. Lalu wajan ditarok di atas kompor atau tungku. Panas santan sekitar 10 menit atau sampai santan mendidih. Supaya santan tidak bergumpal-gumpal di wajannya. Selama proses pemanasan terus diaduk-diaduk. Setelah mendidih masuk ikan nila.

 

Supaya ikan tidak hancur kasih asam kandis atau asam tunjuk. Ketika ikan sudah dimasukan ke dalam santan, jangan diaduk-aduk . sehingga tetap utuh. Panget masin lebih indah menarik bisa juga dihiasi cabe rawit bulat-bulat dan tambahkan daun ruku-ruku. Sekitar 10 menit, sudah siap disajikan.

 

Nah, Miks! Mudahkan bikan pangek masin masyarakat Minang. Silahkan coba dan minkmatinya.

 

 

 

 

 

 

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like