9 Tips dan Tricks Dapur dan Peralatan Kinclong Maksimal.

Source: pexels.com

 

Hai, Miks!

Memiliki dapur yang bersih dan terawat adalah idaman setiap ibu rumah tangga, baik tempat maupun peralatan dapurnya. Tak jarang, karena keteledoran kita,  menyebabkan dapur dan peralatannya menjadi kotor dan rusak. Begitulah, hari-hari seorang ibu di rumahnya. Apalagi karena sudah terlalu lelah, kita biarkan saja. Wah, dapur menjadi tidak terawat dan kurang nyaman dipergunakan. Padahal, kita harus memasak makanan yang sehat dan higienis juga, lo, Miks!

Jangan khawatir, ada tips dan tricksnya lo, agar dapur dan peralatan dapur kita tetap bersih dan kinclong.  Apa saja sih tips dan tricksnya? Simak, yuk, Miks!

 

  1. Lantai Dapur Bersih Bebas Licin

Kegiatan memasak kadang menimbulkan percikan minyak goreng dan lemak pada lantai dapur kita. Akibatnya lantai menjadi licin. Cara mudah untuk membersihkan adalah dengan mencampur air jeruk nipis dengan air. Percikkan pada lantai dapur yang kotor, kemudian lap dengan kain sampai bersih. Setelah itu di pel seperti biasa. Hasilnya lantai kembali bersih dan bebas dari licin.

 

  1. Membersihkan Minyak Goreng yang Tumpah ke Lantai

Ketika sedang memasak, kadang kita melakukan keteledoran yang menyebabkan minyak goreng tumpah ke lantai. Misalnya, kita sedang menuangkan minyak goreng dari plastik ke dalam tempat minyaknya. Akibatnya lantai licin, kotor, dan susah sekali membersihkannya. Jangan panik ya, Miks. Cara membersihkan dan menyedot minyaknya adalah dengan menaburkan tepung terigu di atas minyak goreng yang tumpah. Kemudian, gosok dengan kertas koran. Setelah itu, sisa tepung tinggal kita sapu sampai bersih. Agar lantai kembali bersih dan kesat, segera kita mengepel lantai seperti biasa sampai bersih dan kinclong.

 

  1. Merawat Perabot Dapur yang Terbuat dari Stainless Steel

Perabotan dapur kita yang terbuat dari stainless steel, terkadang susah dibersihkan. Sering tertinggal noda-noda putih pada perabot apabila tidak telaten membersihkannya. Cara yang mudah untuk membersihkannya adalah dengan menggunakan abu gosok dan sabun. Cucilah secara berulang kali dan gosok sampai bersih, kemudian bilaslah. Nah, perabotan kita kembali bersih, ya, Miks.

 

  1. Merawat Peralatan Dapur dari Alumunium

Peralatan Alumunium setelah dipakai, terkadang ketika dicuci dengan sabun, tidak bisa bersih secara maksimal. Agar peralatan alumunium tetap kinclong bersinar, ada trik khsusus yang kamu perlu tahu.

Larutkan krim tar-tar dua sendok ke dalam air dua liter. Rebus sampai larutan mendidih. Pakailah air larutan krim tar-tar yang telah mendidih ini untuk mencuci peralatan alumunium. Fungsi larutan tersbut seperti sabun. Setelah itu bilaslah peralatan sampai bersih kembali.

 

  1. Merawat Peralatan Masak Anti Lengket

Wajan dan panci anti lengket memudahkan kita memasak, makanan hasilnya bagus tidak lengket, dan tidak memerlukan minyak yang melimpah. Mencuci dan membersihkannya juga lebih mudah. Untuk membersihkan dasar wajan anti lengket, agar tidak menempel kerak hitam, maka dapat digunakan sitrun (bahan tambahan untuk membuat cocktail). Caranya, masak air yang telah dicampur dengan sitrun, kemudian rendam bersama alat dapur yang telah gosong tersebut. Setelah itu cucilah kembali dengan sabun, untuk membersihkan kerak hitam tersebut dari wajan atau panic anti lengket kita.

 

  1. Merawat Perabot Dapur Berbahan Kayu

Membersihkan alat dapur dari kayu, kadang tidak maksimal. Alat dapur seperti talenan, sotil, cobek, menyerap bau masakan yang bersentuhan dengan peralatan tersebut. Agar alat dapur kayu kita bisa bersih dan tidak berbau, maka kita bisa merendamnya dengan air yang telah dicampur dengan cuka putih selama semalam. Setelah itu, cuci dan bilas kembali. Nah, peralatan dapur kita siap digunakan kembali.

 

  1. Membersihkan Noda pada Alat Dapur Berbahan Plastik

Peralatan dapur yang terbuat dari plastik, sering susah dibersihkan dari noda dan lemak. Untuk membersihkannya, kita hanya perlu merendam peralatan tersebut di dalam air hangat yang dicampur dengan soda kue.  Kemudian diamkan beberapa saat, setelah noda-noda terangkat, kita cuci kembali dengan sabun dan bilas kembali.

 

  1. Membersihkan Bak Cuci Piring

Membersihkan bak cuci piring harus rutin dilakukan, agar tidak menimbulkan bau tak sedap setelah digunakan untuk mencuci piring. Selain itu, kita juga harus membersihkan lender-lendir sisa makanan yang menempel yang tidak hilang begitu saja.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kita bisa menggunakan perasan air jeruk nipis dan baking soda yang dicampurkan. Percikkan pada bak cuci piring, dan diamkan sejenak. Setelah itu gosok bak cuci piring deng spons. Maka, bak cuci piring akan terlihat semakin bersih dan segar.

 

  1. Mengilapkan Bak Cuci Piring

Bak cuci piring yang terbuat dari alumunium, akan terlihat kusam bila tidak dibersihkan sisa air sabun yang masih tertinggal.  Nah, agar bak cuci piring kita bersih dan berkilap, maka bisa menggunakan kain basah yang telah diberi cuka, spiritus, dan alkohol. Gosokkan kain lap basah tersebut di atas bak cuci piring kita sampai bersih dan berkilap kembali.

 

Nah, Miks! Mudah bukan tips dan tricks nya untuk mempunyai dapur yang bersih dan nyaman? Sudah saatnya kita menjaga kebersihan rumah kita, terutama dari kebersihan dapurnya. Karena, dari dapur lah sumber kebersihan makanan yang kita buat juga sehat dan higienis. Selamat mencoba, ya, Miks!

 

Tantangan Makmood Publishing hari ke-11

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like