Tetap Menabung Di Masa Pandemi

Investasi Masa Depan [pixabay.com]

Halo Miks!

Mempunya tabungan atau dana cadangan bagi keluarga sangat penting. Apalagi dalam kondisi pandemi seperti sekarang dimana orang banyak yang kehilangan sebagian atau bahkan seluruh penghasilannya karena kena PHK. Paling tidak, mereka yang mempunyai tabungan masih bisa bertahan selama beberapa saat sambil tetap mencari tambahan penghasilan atau pekerjaan baru. Nah, dalam kondisi sulit seperti sekarang, apakah masih mungkin bagi kita untuk menabung? Tentu saja masih bisa. Disini akan dibahas cara-cara agar tetap bisa menabung di masa sulit.

 

Berhemat

Bagi mereka yang masih mempunyai gaji atau penghasilan, sebaiknya mulai berhemat. Buat skala prioritas pengeluaran, pangkas pos-pos yang tidak wajib seperti makan di restoran, jalan-jalan atau berlibur. Fokus pada kebutuhan pokok seperti biaya  listrik, air, uang sekolah anak, transportasi dan biaya hidup sehari-hari.  Untuk sementara tidak perlu membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan. Simpan dana ini di awal bulan, ya. Karena bila menunggu di akhir bulan, biasanya tidak akan ada uang tersisa. Jangan gunakan kartu kredit dulu, karena ini berarti Anda berutang kepada bank, dan Anda harus membayarnya di masa depan. Alihkan dana untuk senang-senang atau berlibur ke dana tabungan. Beri pengertian kepada anggota keluarga  terutama anak-anak, bahwa untuk sementara waktu mereka mungkin tidak bisa jalan-jalan atau berlibur dulu. Ini sangat penting karena kita tidak tahu sampai kapan kondisi sulit ini akan berlangsung.

 

Tabungan Dari Uang Receh

Jangan abaikan uang receh. Simpan uang receh sisa kembalian belanja Anda dalam tabungan atau celengan. Bila rutin dilakukan, biasanya uang yang terkumpul lumayan besar, lo. Dan menabung dengan cara seperti ini tidak akan terasa berat, karena dilakukan setiap hari dan jumlahnya tidak banyak. Nanti di akhir bulan, atau bila celengan Anda sudah penuh, Anda bisa menggunakan uangnya untuk keperluan Anda atau keperluan keluarga yang lain. Anda juga bisa mengajak anggota keluarga yang lain, terutama anak-anak untuk memiliki tabungan seperti ini, dan saat tabungan mereka sudah penuh, biarkan mereka membeli barang yang mereka sukai.

 

Investasi Emas

Menabung emas termasuk salah satu investasi yang menguntungkan. Bila anda menabung uang di bank, bila terjadi inflasi maka uang Anda akan turun nilainya, walaupun mungkin jumlah nominalnya bertambah karena bunga bank. Tapi bila Anda menyimpan emas, bila terjadi inflasi tidak akan membuat nilai emas turun. Bahkan nilainya cenderung naik setiap tahunnya. Apalagi bila Anda menabung emas batangan. Harga jual beli emas perhiasan dipengaruhi bermacam hal seperti campurannya, bentuk desain dan kerumitan lain yang sifatnya subyektif. Oleh karena itu, bila niatnya adalah untuk investasi, menabung emas batangan lebih menguntungkan daripada menyimpan perhiasan emas.

Bila Anda belum mampu membeli emas batangan dalam jumlah besar, Anda bisa membeli produk emas atau Logam Mulia (LM) yang dikeluarkan oleh perusahaan swasta seperti Mini Gold, Emas Mini dan EOA Gold. Emas batangan produksi mereka dibuat dengan ukuran-ukuran yang lebih kecil, sehingga harganya lebih terjangkau. Anda bisa membeli dan menyimpan produk LM tersebut sebagai investasi jangka panjang.

 

Itulah beberapa cara agar kita tetap dapat menabung. Semoga bermanfaat.

 

 

 

Tantangan Makmood Publishing hari ke-14

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like