Inilah 8 Minuman Khas Nusantara yang Menyehatkan Tubuh

Source: yonulis.com

Halo, Miks!

Indonesia sebagai negara yang memiliki kekayaan alam berlimpah, apa pun yang ditanam dan diolah akan tumbuh dan menjadi olahan yang lezat. Tak diragukan lagi semua jenis kulinernya sangat diminati, baik oleh masyarakat domestik maupun luar negeri. Di samping kulinernya tentu juga tak lepas dari minuman-minuman khasnya. Mulai minuman segar dan juga minuman menghangtkan berbahan dari rempah yang dapat menyehatkan tubuh. Anda penasaran? Yuk simak minuman khas Nusantara berikut:

1. Bajigur

Minuman khas asal Sunda, Jawa Barat, ini meiliki cita rasa yang mampu untuk menghangatkan tubuh. Bajigur dibuat dari olahan utama gula aren, santan, jahe, dan daun pandan. Minuman satu ini tepat banget dikonsumsi saat cuaca dingin di malam hari atau di musim hujan seperti sekarang ini.

2. Bir Pletok

Meskipun dinamakan bir, minuman ini tidak mengandung alkohol. Minuman tradisional khas Nusantara asal Betawi ini terbuat dari beberapa macam rempah-rempah seperti kapulaga, sereh, kayu manis, cengkih , pala, serai, dan kayu secang. Minuman ini juga biasanya disajikan dingin bersama es batu. Bir pletok memiliki sensasi rasa hangat dan menyegarkan.

3. Sekoteng dan Ronde

Sekoteng merupakan minuman yang berasal dari Jawa Tengah, sedangkan ronde berasal dari Jawa Timur. Kedua minuman tersebut memiliki ciri khas kuahnya rasa jahe dan dilengkapi isian seperti kacang hijau, kacang tanah, pacar cina, kolang kaling, dan potongan roti tawar. Biasanya minuman ini dijual pada malam hari.

4. Teh Talua

Teh talua merupakan minuman khas Sumatra Barat, terbuat dari olahan teh yang dicampurkan dengan telur, gula, dan perasan jeruk nipis. Biasanya disajikan dalam keadaan hangat. Minuman khas asal Sumatra Barat ini dipercaya sebagai penambah stamina.

5. Bandrek

Bandrek adalah minuman tradisional khas Jawa Barat yang terbuat dari bahan jahe, gula merah, serai, lada, garam, dan telur ayam. Minuman ini dipercaya untuk obat penambah stamina. Bahan yang alami ini baik dikonsumsi oleh orang tua ataupun anak muda. Penyajiannya pun fleksibel, bisa diminum saat hangat maupun dingin.

6. Air Guraka

Air guraka merupakan minuman khas daerah Halmahera, Maluku. Minuman ini berbahan dasar buah kenari dengan dilengkapi jahe merah, gula aren, dan juga pandan. Ciri khas minuman ini beraroma wangi dan rasa manis serta hangat yang khas.

7. Sarabba

Minuman berikutnya adalah minuman khas Makassar yaitu Sarabba. Sarabba terbuat dari perpaduan beberapa bahan seperti jahe, kuning telor mentah, lada bubuk, biji pala, kayu manis, susu kental manis, gula, dan santan. Minuman ini juga dipercaya dapat memulihkan stamina, diminum mengobati masuk angin, dan juga mencegah flu.

8. Wedang Uwuh

Minuman ini hampir sama dengan bir pletok. Wedang uwuh dibuat dari beberapa bahan seperti jahe yang dibakar, cengkih kering, daun kayu manis kering, daun pala kering, serutan kayu secang, dan gula batu . Semua bahan direbus hingga mendidih dan disaring. Setelah itu, wedang uwuh siap dinikmati.

Itulah 8 minuman khas nusantara yang berbahan alami, menyegarkan serta menyehatkan karena terbuat dari rempah-rempah pilihan. Semoga bermanfaat.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like